Mohon tunggu...
Mawarningrum
Mawarningrum Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

:)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Tantangan Pembelajaran Sosiologi pada Perkembangan Ilmu Sosial di Era Digital

1 November 2022   17:29 Diperbarui: 1 November 2022   17:34 325
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mawarningrum

Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Ningrumawar@gmail.com

PENDAHULUAN    

Perkembangan zaman tidak bisa dipungkiri keberadaannya. Manusia hidup secara dinamis karena pola pikir dan perkembangan pengetahuan semakin maju. Menuju kearah kebebasan berendapat, kebebasan berpikir, menggunakan akal sehat dan logika hingga melahirkan perubahan-perubahan dalam berbagai aspek ilmu pengetahuan. 

Pada era globalisasi ini meningkatkan perkembangan dari teknologi mulai menunjukkan keberadaannya pada aspek seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. 

Perubahan dunia pada revolusi industri penting untuk dikaji lebh mendalam karena bagian dari fenomena sosial. Menurut Gleason (2018) "masyarakat dunia saat ini mengalami masa transisi untuk itu perlu adanya adaptasi untuk menjalani era revolusi industri 4.0".(Nursyifa, 2019:54).

Fenomena kemajuan revolusi industri menjadikan manusia bergantung pada teknologi. Teknologi yang sering digunakan oleh manusia salah satunya ialah internet sebagai pemberi informasi dan komunikasi untuk interaksi, pendidikan, berbisnis dan keuntungan lainnya. 

Internet memberikan perubahan di berbagai dunia. Era digitalisasi semakin menjamur di kalangan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan revolusi industri 4.0 yang semakin meluas mengikuti perkembangan zaman dengan teknologi yang semakin canggih.

Aulia Nursyifa dalam jurnalnya mengutip dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir (Ristekdikti 2018) menjelaskan, "Indonesia menjadi negara yang memiliki potensi yang tinggi untuk menghadapi revolusi industri 4.0". 

Revolusi industri mulai berkembang saat ditemukannya mesin uap pertama kali di negara Inggris dan menyebar di berbagai negara di Eropa lalu ke negara-negara di luarnya seperti di Amerika. Penemuan ini menjadi perubahan besar-besaran dalam dunia industri hingga kepada aspek-aspek lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun