Mohon tunggu...
Mawardi Dewantara
Mawardi Dewantara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Filsafat

mahasiswa dengan hobi menulis dan olahraga. selaras dengan slogan "men sana in corpore sano"

Selanjutnya

Tutup

Trip

10 Fakta tentang Blue Mosque di Turki yang perlu anda Tahu

5 Januari 2024   14:45 Diperbarui: 5 Januari 2024   15:16 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Sebagai seorang SEO spesialis dan sejarawan, saya sudah banyak menulis tentang sejarah berbagai situs kuno. Salah satu situs yang paling saya kagumi adalah Masjid Biru di Istanbul, Turki. Masjid ini merupakan salah satu mahakarya arsitektur Islam yang paling terkenal di dunia.

Baru-baru ini, saya berkesempatan untuk mengunjungi Masjid Biru saat berlibur di Istanbul. Pengalaman itu sungguh tak terlupakan. Saya bisa merasakan kemegahan dan keindahan masjid ini secara langsung.

Dalam artikel ini, saya akan membagikan 10 fakta unik tentang Masjid Biru yang mungkin belum kamu ketahui. Fakta-fakta ini akan membuatmu semakin kagum dengan keindahan dan kemegahan masjid ini.

1. Namanya bukan Masjid Biru

Masjid Biru sebenarnya bernama Masjid Sultan Ahmed. Julukan "Masjid Biru" diberikan karena interior masjid ini didominasi oleh ubin-ubin biru buatan Iznik. Ubin-ubin ini dilapisi dengan pola-pola geometris dan kaligrafi yang indah.

2. Memiliki enam menara

Masjid Biru memiliki enam menara, padahal masjid tradisional biasanya hanya memiliki satu hingga empat menara. Konon, kesalahan ini terjadi karena sang arsitek, Sedefkar Mehmed Agha, salah mendengar instruksi sultan. Perintah membangun antin minaret (minaret emas) terdengar menjadi alti minaret (enam minaret).

Baca Juga :  Menu dan Resep Makanan Khas Turki

3. Dibangun dalam waktu empat tahun


Masjid Biru dibangun dalam waktu yang relatif singkat, yaitu empat tahun, dari tahun 1609 hingga 1616. Hal ini menunjukkan betapa terampilnya para arsitek dan pekerja yang membangun masjid ini.

4. Menggunakan 200 ribu ubin Iznik

Interior Masjid Biru dilapisi dengan 200 ribu ubin Iznik. Ubin-ubin ini diproduksi di kota Iznik, Turki, yang terkenal dengan kerajinan ubinnya. Ubin-ubin ini memiliki warna biru yang khas dan pola-pola yang indah.

5. Memiliki kubah utama yang sangat besar

Masjid Biru memiliki kubah utama yang sangat besar, dengan diameter 23,5 meter dan tinggi 43,2 meter. Kubah ini merupakan salah satu kubah terbesar di dunia.

6. Memiliki 260 jendela

Masjid Biru memiliki 260 jendela yang besar dan tinggi. Jendela-jendela ini memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam masjid dan menciptakan suasana yang cerah dan hangat.

Baca Juga : 15 Fakta Unik Istana Topkapi

7. Menjadi tempat ibadah sekaligus wisata

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun