Mohon tunggu...
Mawan Sidarta
Mawan Sidarta Mohon Tunggu... Abah (Bah Mrono, Bah Mrene 😁💪👊)

Usaha kecil-kecilan di rumah. 😀😀** E-mail : mawansidarta@yahoo.co.id atau mawansidarta01@gmail.com https://m.detik.com/travel/detiktravel-inside /d-2463089/sambutlah-ini-dia-petualang-terbaik-tahun-2013 😀😀** https://www.kompasiana.com/kompasiana/556c4b3141afbdfd038b456f/blog-competition-ceritamu-bersama-secangkir-kopi 😀😀** https://www.federaloil.co.id/amp-detail/umum/3371-laporan-blogger-peserta-federal-oil-goes-to-sepang-apa-enaknya-nonton-motogp-2# 😀😀** https://www.youtube.com/channel/UCW6t_nUm2OIfGuP8dfGDIAg 😀😀** https://www.instagram.com/mawansidarta https://www.facebook.com/mawan.sidarta https://twitter.com/MawanSidarta1

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Beragam Bakso dan Bakso Bakar Malang yang Maknyus

25 Februari 2021   19:59 Diperbarui: 4 April 2021   05:18 235 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beragam Bakso dan Bakso Bakar Malang yang Maknyus
Bakso bakar yang mengundang selera (dok. Mawan Sidarta)

Bakso atau bakwan merupakan jenis kuliner yang sangat populer di Indonesia. Kuliner ini sangat disukai semua kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi kaum muda, umumnya juga menyukai makanan berkuah ini.

Anak-anak zaman sekarang atau kaum milenial kalau ada acara ulang tahun minimal mentraktir makan bakso teman-teman dekatnya. Bahkan si doi pun kalau lagi kangen minta dibawain bakso. Bakso menjadi begitu merakyat serta menjadi makanan kebangsaan kaum muda dan masyarakat Indonesia.

Ada sebutan Bakso Solo dan Bakwan Malang, membuktikan kalau bakso dan bakwan sedikit berbeda. Kabarnya nih kalau bakso, kuahnya keruh dan bakwan lebih bening. Dalam penyajiannya bakso pentolnya didampingi sawi, mi bihun dan mi kuning atau bahkan kubis. Sementara bakwan, pentolnya cukup ditemani bawang goreng dan bawang daun.
Di daerah Jakarta, masyarakat di sana menyebut ote-ote dengan istilah bakwan.

Macam-macam bakso

Pada pentol bakso perbandingan antara daging dengan tepung (terigu dan kanji) yaitu : fifty-fifty (50ging, 50% tepung). Sedangkan pentol bakwan dibuat dengan komposisi dagingnya lebih banyak. Misalnya 60% atau 70ging dan tepungnya 40% atau 30%. Pentol bakso bisa dibuat dari daging sapi, daging ikan dan daging ayam bahkan bisa juga dari daging babi.

Lesehan bakso bakar bambu Wulung Malang (dok. Mawan Sidarta)
Lesehan bakso bakar bambu Wulung Malang (dok. Mawan Sidarta)
Di tengah masyarakat sering kita dengar kuliner "bakso beranak" yaitu di dalam bola bakso (pentol) yang berukuran ekstra besar itu terdapat isian berupa bakso-bakso kecil atau telur puyuh bahkan juga telur ayam.

Ada juga sebagian pedagang bakso yang memasang lebel "bakso tenes", jenis bakso yang satu ini ukuran pentolnya kurang lebih sebesar bola tenis lapangan. Kalau "bakso pingpong", pentolnya berukuran sebesar bola tenis meja (pingpong).

Dalam rangka memenuhi selera pembeli (konsumen) maka pentol bakso tidak hanya dibuat berbentuk bola (bundar) melainkan juga dicetak berbentuk kotak atau bentuk-bentuk lain sesuai daya kreasi si pedagang.

Asik melahap bakso bakar di Malang (dok. Mawan Sidarta)
Asik melahap bakso bakar di Malang (dok. Mawan Sidarta)
Pentol bakso halus dibuat dengan menggiling daging sampai halus lalu dicetak bundar atau bulat. Pentol kasar atau ada yang menamakan "bakso urat"dibuat dengan mencacah daging bertekstur kasar kemudian dibentuk bulat atau bundar.

Belakangan juga lagi marak "bakso aci" yang dibuat dari tepung tapioka (kanji) atau bisa juga dibuat dari tepung sagu. Bakso aci kabarnya merupakan panganan khas masyarakat Garut, Jawa Barat.

Untuk meningkatkan minat pembeli, sebagian pedagang bakso kadang menyajikan menu tambahan berupa "bakso bakar" yaitu : pentol baksonya memang dipanggang (dibakar) seperti sate.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x