Mohon tunggu...
Mawan Sidarta
Mawan Sidarta Mohon Tunggu... Abah (Bah Mrono, Bah Mrene 😁πŸ’ͺπŸ‘Š)

Usaha kecil-kecilan di rumah. πŸ˜€πŸ˜€** E-mail : mawansidarta@yahoo.co.id atau mawansidarta01@gmail.com https://m.detik.com/travel/detiktravel-inside /d-2463089/sambutlah-ini-dia-petualang-terbaik-tahun-2013 πŸ˜€πŸ˜€** https://www.kompasiana.com/kompasiana/556c4b3141afbdfd038b456f/blog-competition-ceritamu-bersama-secangkir-kopi πŸ˜€πŸ˜€** https://www.federaloil.co.id/amp-detail/umum/3371-laporan-blogger-peserta-federal-oil-goes-to-sepang-apa-enaknya-nonton-motogp-2# πŸ˜€πŸ˜€** https://www.youtube.com/channel/UCW6t_nUm2OIfGuP8dfGDIAg πŸ˜€πŸ˜€** https://www.instagram.com/mawansidarta https://www.facebook.com/mawan.sidarta https://twitter.com/MawanSidarta1

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Sambut Musim Hujan dengan Bertanam Lombok

3 Desember 2015   14:19 Diperbarui: 3 Desember 2015   16:16 166 2 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Lombok siap dipanen"][/caption]

Memasuki musim hujan sebagian petani di Desa Driyorejo, Gresik-Jawa Timur mulai mempersiapkan lahannya untuk budidaya tanaman lombok kecil. Sebenarnya saat akhir kemarau tahun ini, bibit-bibit lombok sudah mereka persiapkan.

Mereka menebarkan benih (biji) lombok itu pada sebidang lahan pembibitan berukuran 2 X 6 meter persegi.
Salah satu dari para petani itu, lagi-lagi Pak Bandi nich…yang jadi narasumber karena memang lokasi lahannya berdekatan dengan kediaman saya.

Pindah tanam dari pembibitan dilakukan saat tanaman berumur 3 minggu hingga 1 bulan. Pada bibit berumur sebulan itu tanaman lombok tingginya sudah mencapai 30 – 35 sentimeter.

Menurut pengalaman Pak Bandi tidak ada ketentuan yang baku mengenai umur berapa tanaman lombok harus sudah pindah tanam ke areal yang lebih luas. Yang penting tanaman jangan terlalu lama di lahan pembibitan.

[caption caption="Bibit lombok kecil yang siap pindah tanam"]

[/caption]

[caption caption="Pindah tanam, sedikit stres hanya butuh proses adaptasi"]

[/caption]

Yang dikhawatirkan tanaman lombok bukan tumbuh subur melainkan malah mengalami stres atau stagnasi (mati sejenak) karena tanaman lombok kecil itu terlalu lama dibiarkan tumbuh di lahan pembibitan yang jarak tanamnya kurang bagus (berimpitan).

Sebelum dilakukan pindah tanam, terlebih dulu Pak Bandi mengolah petak-petak lahannya. Cukup dengan telaten mencangkul dan esok harinya dibuatkan lubang tanam dengan alat gejik.

Saluran irigasi dan drainase (pembuangan kelebihan air) dibuat secermat mungkin terutama pada saat menyambut datangnya musim hujan seperti sekarang ini.

Ketersediaan air mungkin sudah bukan masalah lagi mengingat beberapa kali hujan mulai mengguyur lahannya. Penentuan jarak tanam tiap petani memiliki patokan yang tidak sama. Ia menggunakan jarak tanam 40 X 45 sentimeter persegi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x