Mohon tunggu...
Maurel Radinka
Maurel Radinka Mohon Tunggu... Ilmu Komunikasi UAJY '19

semoga apa yang aku tulis bisa membantu!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

"Mc Donalds" Makanan Cepat Saji Kesukaan Semua Masyarakat di Dunia

22 November 2020   22:43 Diperbarui: 22 November 2020   23:14 10 1 0 Mohon Tunggu...

Saat ini perusahaan sering mempromosikan produk mereka melalui iklan yang nantinya akan ditayangkan di tv, radio maupun media sosial. Iklan merupakan salah satu cara sebuah perusahaan dalam meningkatkan pendapatan baik secara global maupun domestik. 

Iklan diharapkan bisa sebagai awal mula sebuah perusahaan dalam mencari konsumen dari belahan dunia manapun. Sebuah perusahaan komersial dari core nation seperti Inggris Raya yang bisa dikatakan telah mengambil bagian dari perusahaan komersial di dunia. 

Adanya kampanye dalam iklan setiap perusahaan di harapkan bisa membawa perusahaan untuk dikenal tidak hanya secara nasional maupun internasional. Tujuan iklan sendiri guna mempengaruhi sikap dan gaya hidup khalayak dengan konten dari produk yang mereka sajikan. 

Dari perspektif kolonialisme elektronik, iklan memiliki peran dan dampak yang lebih besar bagi pikiran, kehidupan, nilai-nilai, dan pada akhirnya bisa mempengaruhi perilaku konsumen. Budaya konsumen di dunia sudah diambil alih oleh budaya barat yang dimana mereka mempromosikan barang-barang dari negara inti ke negara dengan jumlah penduduk yang meningkat setiap saat.

Contohnya seperti perusahaan makanan cepat saji Mc Donalds. Mc Donalds atau biasa dikenal dengan McD merupakan perusahaan makanan cepat saji dari California, Amerika Serikat. Saat ini McD memiliki banyak cabang tersebar di 100 negara di seluruh dunia khususnya di Indonesia. 

Di Indonesia sendiri McD memiliki kurang lebih 200 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Walaupun McD memiliki banyak cabang di Indonesia tetap saja mereka harus memiliki strategi marketing pemasaran karena harus bersaing dengan perusahaan makanan cepat saji lainnya seperti KFC dan Burger King. Di Indonesia sendiri McD membuat strategi pemasarannya melalui iklan yang ditayangkan di televisi.
 Gambar diatas merupakan cuplikan dari strategi pemasaran McD Indonesia berupa iklan yang ditayangkan di televisi. Iklan tersebut menceritakan tentang seorang pegawai McD yang selalu menyanyikan lagu / jingle "mana lagi selain di McD" sembari menyiapkan makanan. Iklan berdurasi 30 detik ini sempat viral karena ditayangkan secara berulang sehingga masyarakat Indonesia hafal dengan lagu "mana lagi selain di McD". 

Iklan ini dibuat untuk memeriahkan 25 tahun McD di Indonesia. McD Indonesia sendiri menggunakan talent orang Indonesia dengan voice over diisi oleh orang Indonesia juga. Iklan ini murni dibuat oleh Mc Donalds Indonesia untuk merayakan 25 tahun Mc Donalds berdiri dan melayani masyarakat Indonesia. Konsep iklan yang diberikan pun menarik dan kreatif, dengan adanya lagu "mana lagi selain di McD" membuat masyarakat Indonesia hafal dan ikut menyanyikan lagu / jingle ini.
 

dokpri
dokpri
Berbeda dengan iklan McD di Inggris Raya, mereka menggunakan konsep "We Deliver" yang dimana McD di Inggris sudah melayani pesan makanan melalui layanan delivery. Voice over atau Dubbing yang digunakan pun laki-laki berasal dari Inggris, dan talent yang digunakan juga orang Inggris. 

Pada iklan berdurasi 30 detik ini menceritakan tentang pada situasi atau aktivitas apapun kita tetap bisa menikmati McD dimanapun dan kapanpun, bahkan saat situasi sedang hujan, mati lampu dan menjemur baju. Konsep yang ingin disampaikan oleh khalayak Inggris adalah McD akan selalu menemani aktivitas mereka karena sudah ada layanan delivery / McDelivery.

Setiap negara memiliki cara mereka masing-masing untuk membuat iklan dari produk mereka bisa dikenal oleh seluruh masyarakat. McD di Inggris sendiri memiliki banyak sekali konsep untuk iklan yang nantinya akan ditayangkan di televisi. Dengan iklan McDelivery yang dibuat oleh McD di Inggris membuat masyarakat Inggris berfikir bahwa McD menjadi perusahaan makanan cepat saji yang sudah memberikan pelayanan delivery agar setiap orang dapat menyantap McD dimana saja dan kapan saja.

Mungkin saja perusahaan cepat saji di Inggris belum ada yang memberikan pelayanan delivery sebelumnya dan tidak hanya itu menurut McPhail pada bukunya yang berjudul Global Communication Theories, mereka juga harus bisa bersaing di tempat lain tidak hanya di televisi namun iklan di media sosial seperti Instagram, facebook bahkan pada iklan pop up di google yang juga diisi oleh iklan dari perusahaan lain yang bukan hanya dari perusahaan makanan cepat saji. 

Peran periklanan global sungguh penting dalam hal ini agar nantinya sebuah perusahaan bisa dikenal oleh masyarakat internasional dan mampu menjadi perusahaan terbesar dan ternama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN