Mohon tunggu...
Luka Matic
Luka Matic Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Perhotelan Institut Pariwisata Trisakti

Hai, Saya Luka Matic, Mahasiswa D4 Perhotelan 2020 Institut Pariwisata Trisakti. Saya merupakan Penerima Beasiswa Prestasi 100% Institut Pariwisata Trisakti. Saya harap dapat membagikan sesuatu yang bermanfaat. Terima kasih.

Selanjutnya

Tutup

Trip

Pariwisata Bahari: Pesona Negara 17500 Pulau

20 Februari 2021   03:30 Diperbarui: 21 Februari 2021   00:00 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai, Saya Luka Matic, Mahasiswa D4 Perhotelan 2020 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Saya merupakan Penerima Beasiswa Prestasi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Saya harap dapat membagikan sesuatu yang bermanfaat. Terima kasih.

Indonesia merupakan negara maritim dengan jumlah pulau terbesar di dunia. Mencapai 17.508 pulau yang ada di Indonesia, jika kita berkunjung dapat menghabiskan waktu selama 49 tahun yang adalah 1 pulau dalam 1 hari.

Pada tahun 2019 tepatnya tanggal 14 September 2019, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memilih tiga daerah sebagai model tata kelola pusat pariwisata bahari berstandar Internasional. Tiga daerah tersebut meliputi; Kepulauan Seribu-Kota Tua, Labuan Bajo, dan Bali.

Ketiga daerah tersebut diharapkan menjadi prototipe bagi destinasi wisata bahari lainnya. Pada hal ini, Indonesia juga mempunyai tugas besar untuk mengembangkan pariwisata pada pulau-pulau kecil yang tidak kalah indah dengan ketiga daerah tersebut.

Pulau-pulau kecil yang ada di Indonesia belum ada yang memperdayakan sebagai tempat pariwisata yang dapat menjadi sumber pemasukan negara. Selain itu, tidak ada marina yang berstandar nasional di Indonesia.

Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia “Marina merupakan pelabuhan khusus yang disediakan untuk kapal pesiar, dilengkapi dengan prasarana yang dibutuhkan, misal air tawar dan telekomunikasi”. Dalam hal tersebut, tugas Indonesia untuk mengenalkan wisata bahari ke penjuru dunia masih sangat harus ditingkatkan.

Indonesia mempunyai 710 titik selam di 33 destinasi Komodo dan Raja Ampat. Panjang garis pantai Indonesia mencapai 100.000 kilometer. Dari wisata bahari tersebut dapat memperkerjakan 40 juta orang atau 1/3 dari angkatan kerja di Indonesia.

Oleh karena itu, banyak tugas yang harus dikerjakan oleh pemerintah Indonesia dan masyarakat untuk mengembangkan wisata bahari, hal tersebut juga dapat menjadi sumber pemasukan negara dan membantu rakyat dalam mencari lapangan pekerjaan.

Visiting Karimunjawa
Visiting Karimunjawa

Peran masyarakat setempat dalam pengembangan wisata bahari sangat diperlukan. Partisipasi masyarakat merupakan perwujudan dari kesadaran dan kepedulian, serta tanggung jawab masyarakat  terhadap pentingnya pembangunan yang bertujuan untuk memperbaiki mutu hidup mereka. Partisipasi masyarakat dapat dilakukan dengan pelbagai cara, serperti:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun