Mohon tunggu...
Novianti M
Novianti M Mohon Tunggu... Guru - Guru Mata Pelajaran Matematika

Saya Pemerhati Realistic Math Education. Penulis Buku: CARA ASYIK PENERAPAN MODEL BELAJAR DENGAN MEDIA GOOGLE FORM E-MODUL, Youtube MATH TSURAYYA EDUCATION Instagram https://instagram.com/mulyananovianti?igshid=ZDdkNTZiNTM=

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Serba-serbi Pembelajaran Matematika

23 Mei 2023   20:01 Diperbarui: 23 Mei 2023   20:10 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen Pribadi Lingkaran Cincin

Saya ingin berbagi pengalaman saya dalam mengajar dan belajar matematika.Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Pikirkan "Di Luar Kotak Pembatas" 

Di kelas saya, saya selalu meminta siswa saya untuk Berpikir "out of The Box". Jangan takut melakukan kesalahan, karena kita bisa belajar dari kesalahan kita dan menemukan cara untuk menyelesaikan masalah kita. Bibliografi : wikipedia

Pikirkan tentang "Apa yang tidak Ditanyakan", adalah  Prosedur lain untuk menyelesaikan soal matematika adalah "memikirkan yang tidak ditanyakan" daripada "memikirkan yang ditanyakan". Dalam soal-soal berikut, dalam mencari luas yang diarsir, lebih mudah bagi kita untuk memikirkan luas lingkaran dan kemudian mencari selisih luas antara kedua lingkaran, daripada langsung mencari luas luas yang diarsir.

Hitunglah luas daerah yang diarsir jika jari-jari lingkaran yang lebih besar 14 cm dan jari-jari lingkaran yang lebih kecil 7 cm.

Contoh menyelesaikan soal matematika dengan "memikirkan yang tidak ditanyakan" adalah mencari berapa macam bilangan 4 digit yang dapat disusun dari angka-angka 1,2,3,4,5,6,7,8, 9 yang setidaknya memiliki satu angka 8.

Petunjuk: Sebagian besar dari kita langsung mulai memikirkan apa yang ditanyakan dengan menghitung empat digit angka yang memiliki satu digit 8, kemudian empat digit angka yang memiliki dua digit 8, empat digit angka yang memiliki tiga digit 8, empat digit angka yang mana memiliki empat digit 8. Kita masih dapat menyelesaikan soal ini dengan metode ini tetapi kita membutuhkan lebih banyak waktu, lebih banyak usaha, dan lebih banyak perhatian jika tidak kita melewatkan penghitungan.

Soal seperti ini akan lebih sederhana dengan memikirkan apa yang tidak ditanyakan yaitu bilangan yang tidak memiliki angka 8. Jadi yang harus kita lakukan hanya menghitung keempat angka angka yang dihasilkan dari angka 1,2,3,4 ,5,6,7,8, dan 9. Kemudian kita menghitung empat digit angka yang tidak memiliki angka 8. Langkah selanjutnya adalah coba pikirkan bahwa angka yang ingin kita cari adalah selisih antara keempat digit angka dengan empat digit angka yang tidak memiliki angka 8.

Kelopak-kelopak Yang Mengelilingi Inti Bunga Mawar

Setelah siswa saya membandingkan studinya dengan China, mereka memberi saya soal "Kelopak-kelopak Yang Mengelilingi Inti Bunga Mawar", yang belum pernah saya temukan soal ini sebelumnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun