Mohon tunggu...
Matheus TataSH
Matheus TataSH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Teknik Sipil 2016 - Universitas Diponegoro

KKN TIM II TAHUN 2021 UNIVERSITAS DIPONEGORO

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa Undip Mengusulkan Desain Rumah Anti Covid-19 dan Memberikan Hand Sanitizer

4 Agustus 2021   01:02 Diperbarui: 4 Agustus 2021   01:09 33 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Mengusulkan Desain Rumah Anti Covid-19 dan Memberikan Hand Sanitizer
Produk Hand Sanitizer yang Akan Dibagikan Kepada Warga RW 02 (dokpri)

Semarang (03/08/2021) -- Tahun 2021 menjadi tahun yang menakutkan bagi warga Indonesia, khususnya pada bulan Juni. Bagaimana tidak, angka penularan virus Covid-19 meningkat tajam dari tahun sebelumnya. Tentunya, hal ini membuat pemerintah terpaksa memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, atau masyarakat lebih mengenalnya dengan istilah PPKM. 

Namun untungnya, hal ini tidak membuat Universitas Diponegoro (Undip) meniadakan kegiatan KKN pada periode 2 ini. KKN Tim II Tahun 2021 telah dilaksanakan di daerah domisili masing-masing mahasiswa. 

Adapun tema yang diangkat pada periode kali ini yaitu "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's)".

Melihat hal ini, salah satu peserta KKN Tim II Tahun 2021 yang bernama Matheus Tata Sina Hayon, mengusulkan 2 program bagi warga di RW 02 Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Program yang pertama yaitu "Perencanaan Rumah Anti Covid". 

Sedangkan program yang kedua adalah "Pemberian Hand Sanitizer Untuk Menekan Angka Penyebaran Covid-19". Untuk program yang pertama, output yang diberikan berupa modul. Rumah Anti Covid merupakan sebuah desain rumah yang memiliki tata letak ruangan yang berbeda dari rumah biasanya. 

Beberapa contoh diantaranya ialah banyaknya lubang ventilasi udara, serta tambahan wastafel, dan adanya kamar mandi di sebelah pintu masuk (ruang sterilisasi) agar sebelum memasuki ruang tamu, penghuni rumah dapat membersihkan badan mereka setelah beraktifitas di luar rumah sebelum memasuki ruangan yang lebih dalam. 

Selain itu juga, terdapat lapangan tenis meja untuk melakukan kegiatan olahraga, yang mana itu sangat penting untuk menjaga kondisi badan untuk tetap sehat dan tentunya mengurangi resiko untuk terpapar virus Covid, lalu tanaman yang banyak menghiasi sekeliling rumah untuk menyediakan oksigen yang lebih bagi penghuni nya, serta desain-desain yang lain.

Output yang diberikan dari program kedua, yaitu berupa botol hand sanitizer. Selama masa pandemi ini, warga dianjurkan untuk melakukan segala aktivitas di rumah. 

Namun, beberapa profesi pekerjaan membutuhkan penanganan langsung di lapangan, dengan kata lain harus dilakukan di luar rumah. Tentunya, setiap pekerjaan harus melaksanakan prosedur K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dengan baik. 

Meningkatnya angka penularan virus Covid-19 juga dipicu oleh kebiasaan warga yang sering beraktifitas keluar rumah namun tidak rajin mencuci tangan, sehingga menyebabkan virus Covid-19 dapat tertular melalui sentuhan tangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x