Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - A runner, an avid reader and a writer.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Berjumpa dengan Murid yang Sukses

12 Januari 2024   11:41 Diperbarui: 12 Januari 2024   12:00 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
murid sukses|freepik.com

Sesaat selesai mengajar kemarin, saya mampir ke sebuah warkop untuk menikmati segelas kopi. Belum sempat saya duduk, terdengar suara menyapa. 

"Bang Masykur"

Ternyata, suara berasal dari seorang pria yang duduk berseblahan. Sebenarnya, saya tidak sempat mengajarinya secara langsung. Saya pernah memimpin sebuah bimbingan belajar kala itu dan ia termasuk salah satu murid disana. 

kadang saya tidak mengenali wajah murid yang saya ajar dengan baik karena jumlahnya sangat banyak. Sesekali berjumpa, rentetan kabar datang silih berganti.  

Seperti perjumpaan tidak disengaja kemarin. Sebut saja namanya Reza. Lama tidak berjumpa, ternyata Reza sudah menetap di Jakarta selama tiga tahun. Ia bekerja sebagai data analyst pada sebuah perusahaan swasta.

Saya mengenal Reza sebagai murid yang rajin. Kepribadiaannya cukup menggambarkan masa depannya. Sebagai pengajar, ada rasa bahagia ketika mendengar siswa berhasil meniti karir di kota besar.

Reza termasuk tipikal siswa gigih. Sebelum berangkat ke Jakarta, ia sempat membuka usaha kecil. Bersebab pandemi, usahanya meredup karena orang-orang memilih untuk menetap di dalam rumah. Imbasnya, laju ekonomi menurun drastis.

Nah, disanalah keinginan untuk mengadu nasib di Jakarta muncul. Pilihan pekerjaan di kota kecil seperti Banda Aceh jelas terbatas. Dengan tekad kuat, ia memutuskan untuk berangkat ke Jakarta dan mengirim lamaran ke berbagai perusahaan setibanya disana. 

Takdir baik menghampirinya, Reza dipanggil wawancara dan akhirnya diterima untuk bekerja. Tiga tahun sudah ia tinggal di kota besar. Sesekali Reza pulang dikala lebaran tiba. 

Sebagai data analyst, Reza kadangkala diperbolehkan bekerja dari jauh (remote). Jadinya, ia pulang ke Banda Aceh untuk beberapa waktu. Kebetulan, tanpa direncanakan saya berjumpa dengannya di waktu yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun