Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Suka mengeksplorasi dunia parenting dan anak-anak. email : masykurten05@gmail.com Kunjungi: www.familyliteracyideas.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Beberapa Makna Come dalam Bahasa Inggris yang Sering Salah Dipahami Orang

14 September 2022   18:41 Diperbarui: 14 September 2022   18:50 99 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustras beragam kata Come. Sumber: https://lexisenglish.com

Dalam bahasa Inggris ada istilah phrasal verb yang sering digunakan oleh penutur asli (native speaker). Phrasal verb identik dengan penambahan preposisi setelah kata kerja tertentu. 

Nah, pada tulisan kali ini saya hanya khusus membahas kata COME yang didepannya memiliki beberapa preposisi berbeda sehingga artinya juga bisa berbeda.

Yuk, mari kita simak!

Come along

Pernah dengar kata ini? makna come along adalah tiba di tempat.  Contohnya:  not many people bought new books online, few came along and bought them in the bookstore. 

Come apart

kata come apart bermakna terpisah atau dalam konteks bahasa Indonesia juga memiliki makna terlepas. Contoh: I just got a new photo frame, but it came apart when I wanted to put it in my car.

Come round

Istilah come round sering digunakan ketika seseorang terbangun dari pingsan atau sesuatu yang membuatnya tidak sadarkan diri, bisa berupa karena faktor obat bius. Contoh : When I came round, the doctors were beside me.

Come out

Kata come out memiliki empat makna ketika dipakai di konteks yang berbeda. 

1. Menghilang, digunakan untuk pakaian dalam konteks kotoran (contoh : the stain on you cloth will come out if soak it for a while)

2. Diketahui, untuk hal yang sebelumnya dianggap rahasia (contoh: if this story comes out about him, he will need to be ready) 

3. Keluar/diumumkan, berhubungan dengan informasi atau juga dalam konteks hasil ujian atau lainnya (contoh: When do your exam results come out?)

4. Meninggalkan, digunakan untuk konteks rumah sakit/penjara (contoh: I heard that Jack will come out of hospital tomorrow)

Come off vs Come about

Come off bisa bermakna berhasil dengan sukses seperti direncanakancontoh : Hopefully my agenda will come off. Namun, jika hendak memberitahu sesuatu yang berhasil namun tidak direncakan, maka gunakan Come about. Contoh: I didn't do anything, but I had no idea how this came about. 

Come up

Kata come memiliki tiga makna.

1. Disebut/dibahas, digunakan untuk konteks topik pembicaraan. Contoh : I will only tell you if the subject comes up during the conversations.

2. Terjadi tidak diharap, khususnya berhubungan dengan masalah atau keadaan sulit. Contoh: I already planned to meet her, but something came up.

3. Tersedia, Contoh: I am not sure if a place comes up when we arrive there.

Dengan memahami phrasal verb, kemampuan untuk memahami konteks pembicaraan juga akan lebih baik. Para penutur asli lebih condong memakai kata-kata diatas ketimbang kosakata yang terdengar formal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan