Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Content writer - parenting and childhood education. Contact : masykurten05@gmail.com Personal blogs, kindly visit : www.collegexpedition.wordpress.com and www.familyliteracyideas.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Mengajari Anak Aturan Lalu Lintas Melalui Bacaan

28 Juni 2022   11:02 Diperbarui: 28 Juni 2022   17:24 116 14 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi orangtua bersama anak saat menyeberang jalan| Shutterstock via grid.id

Dua minggu yang lalu seorang teman mengajak saya untuk ngopi dan menyerahkan beberapa buku yang ia bawa pulang dari Amerika. Kebetulan kami sudah berteman lama dan ia baru saja kembali setelah liburan panjang di negaranya. 

Buku yang ia berikan cukup menarik perhatian saya karena mengandung nilai karakter yang bermanfaat bagi anak. Salah satu buku bertema Clifford takes a walk

Buku ini mengisahkan seekor anjing dan beberapa murid serta guru mereka yang mengajarkan beberapa aturan dasar saat berjalan di luar. Hal menarik di buku ini yaitu anak tidak semata diajarkan aturan lalu lintas secara teori namun juga praktek nyata.

Ada peran guru yang terlihat memberikan beberapa poin saat menyebrang jalan, kemudian mereka diajak untuk berjalan ke luar dan guru beberapa kali berhenti untuk mengambil hadiah di beberapa toko.

Ada-anak diajarkan aturan berjalan agar mampu menghindari bahaya saat berjalan di jalanan. Beberapa pesan yang disampaikan mengajarkan anak tata cara berjalan di tepi jalan, melihat mobil sebelum menyebrang, dan berdiri di sudut jalan terlebih dahulu sejenak. 

Disisi lain, buku ini menitikberatkan pesan agar anak-anak bisa menghindari bahaya yang datang saat di jalan. Memperhatikan mata pengendara juga salah satu hal yang diajarkan sebelum menyeberang jalan agar anak tidak sembrono saat hendak menyebrang.

Guru juga mengajari tata cara berjalan dengan menghadiahi anak-anak mainan serta makanan yang ia ambil dari beberapa toko ketika mengajak anak berjalan.

Konsep seperti ini sangatlah bermanfaat bagi anak. Anak bisa belajar hal penting dan mendapatkan reward yang diberikan ketika anak selesai mempelajari poin-poin penting. 

Dengan sistem seperti ini anak-anak akan sangat tertarik mengetahui tata cara berjalan yang aman di luar sehingga mereka memiliki kemandirian sejak dini untuk memahami aturan berlalu lintas. 

Ilustrasi anak menyebrang jalan: https://activeforlife.com
Ilustrasi anak menyebrang jalan: https://activeforlife.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan