Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Content writer - parenting and childhood education. Contact : masykurten05@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Tips Menegur Anak dengan Baik dan Bijak

29 Oktober 2021   09:47 Diperbarui: 30 Oktober 2021   03:41 1305 14 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi orangtua menegur anak.| Sumber: Freepik.com via parapuan.co

Biarin aja kan masih anak-anak

Pernah mendengar ucapan seperti diatas? Bagi saya, ucapan seperti ini sangat berbahaya jika pakai pada konteks yang tidak tepat.

Dalam keseharian saya sering mengamati orangtua yang membiarkan anak melakukan hal yang tidak tepat dan menganggap itu sebagai sebuah kewajaran dengan memakai dalih "masih anak-anak".

Uniknya lagi, orangtua seperti ini memiliki satu kesamaan, yaitu tidak mau ambil pusing alias kurang bijak dalam mendidik anak. 

Ajarkan Anak Adab Sejak Kecil

Anak-anak itu ibarat pohon bambu, saat kecil mudah untuk diluruskan, tapi jika sudah besar maka sifatnya akan keras dan sulit diluruskan. 

Disinilah peran orangtua untuk meluruskan hal-hal yang masih belum dipahami anak. Mirisnya, orangtua sering tanpa disadari menegur anak dengan cara yang salah, bahkan ada yang tidak pernah mengajari langsung saja menegur.

Sebelum menegur perbuatan anak, baik itu sebuah kesalahan atau kesengajaan, orangtua harus terlebih dahulu mengajari anak nilai-nilai yang inginkan.

Misalnya seperti ini. Jika orangtua ingin anaknya tidak mengotori rumah, maka ajarkan nilai kebersihan terlebih dahulu. Tentunya dengan memberi contoh dan mengajak anak terlibat dalam aktifitas membersihkan rumah.

Jadi, anak sudah memiliki input berbentuk ilmu yang sudah tertanam didalam kepalanya. Nah, jika kemudian anak mengotori ruangan rumah cukup arahkan mereka untuk membersihkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan