Mohon tunggu...
Muhammad Yasin
Muhammad Yasin Mohon Tunggu... -

Tanda kehidupan adalah adanya pergerakan dan perkembangan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Pertanyaan Dalam Pembelajaran

19 November 2014   06:42 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:26 379
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

PENTINGNYA PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN

Salah satu tujuan dari pembelajaran adalahmeningkatkan kemampuan berpikir siswadengan mengembangkan proses berpikir tingkat tinggi siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru harus menyediakan peluang di dalam kelas yang mempertimbangkan prakarsa dan keterlibatan siswa lebih besar. Menurut Blosser dalam bukunya yang berjudul “Research Matters-to the ScienceTeacher No.9001. Using Question In Science Classrooms.” salah satu metode untuk merangsang siswa berkomunikasi dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran adalah dengan pertanyaan yang efektif.

Pertanyaan merupakan suatu stimulus yang mendorong anak untuk berpikir dan belajar sehingga anak akan lebih mudahmenguasai materi atau konsep yang diberikan dan kemampuan berpikir siswa akan lebih berkembang. Sejalan dengan itu sudut pandang lain juga mengatakan bahwa pertanyaan merupakan satu tindakan pedagogik guru dalam rangka mengkontruksi pengetahuan secara bersama.

Berdasarkan pernyataan di atas, pertanyaan efektif merupakan pertanyaan yangmemotivasiseseorang untuk menjawab dengan bebas danjujur. Oleh karena itu sangatlah penting pertanyaan efektif dalam pembelajaran untuk menumbuhkan semangat,minat, kemampuan, dan ketrampilan siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Lalu bagaimana pertanyaan yang dapat mendukung proses pembelajaran? Tentu jawabnya adalah pertanyaan yang efektif. Dalam modul Diklat Online P4TK Matematikamenyebutkan bahwa karakteristik pertanyaan yang efektif disebutkan sebagai berikut: (1) menuntut siswa berpikir, tidak sekedar mengingat dan menyebutkan; (2) Mengarah pada pertanyaan yang open-ended; (3) Memungkinkan jawaban yang beragam; (4) Memungkinkan siswa memaknai matematika dari proses menjawab pertanyaan tersebut; (5) Memungkinkan guru menilai secara holistik kemampuan matematika siswa. Dari pernyataan di atas karakteristik yang memungkinkan dapat membelajarkan siswa adalah kalimat dalam pertanyaan bersifat positif, bahasanya nyaman bagi siswa, fokus pada materi yang dibicarakan, mudah dipahami, menunjukkan minat yang tulus, menuntut siswa berpikir tidak sekedar mengingat dan menyebutkan, memungkinkan siswa memaknai matematika dari proses menjawab pertanyaan tersebut, dan mengarah pada pertanyaan yang open-ended.

Pertanyaan-pertanyaan yang tidak efektif adalah bentuk pertanyaan yang tidak sesuai dengan karakteristik atau kriteria pertanyaan efektif. Pertanyaan yang hanya menuju satu jawaban saja tentunya tidak membuat siswa berfikir secara kreatif dan inovatif sehingga tidak menimbulkan rangsangan dalam pembelajaran.

Hal berbeda apa yang akan penulis lakukan pada pembelajaran matematika di kelas selanjutnya adalah dengan menggunakan jenis pertanyaan yang divergen artinya menggali dan mengkreasikan banyak variasi, alternatif, serta skenario yang berbeda didalam pembelajaran matematika, konvergen artinya pertanyaan yang mudah diterima dan dimengerti oleh siswa, evaluatif artinya pertanyaan yang mengarah pada bentuk jawaban yang logis dan komparatif, dan kombinatif. Dengan membiasakan aktivitas bertanya di dalam proses pembelajaran, sikap kritis dan kreatif siswa dapat tumbuh dengan maksimal.

Pada K-13 Mengajukan pertanyaan merupakan langkah kegiatan kedua yang akan menjadi sarana siswa untuk berfikir dan menjawab permasalahan yang ditanyakan sehingga seorang guru dapat mengukur apakah pembelajaran yang disampaikan sudah diterima atau belum, juga untuk mengetahui sejauh mana siswa mengetahui atau ingin mengetahui pelajaran yang akan di sampaikan.

Hal menarik yang saya dapatkan didalam forum diskusi diantaranya adalah bentuk pertanyaan yang beragam dari masing peserta diklat, bentuk kritik, tanggapan dan saran yang membangun, sehingga membuat peserta lain antusias untuk selalu mengembangkan kreasinya dalam pembelajaran matematika. Yang jelas dari hasil diskusi tersebut dapat kita ambil manfaatnya dan yang paling penting bagaimana kita menggunakan pertanyaan yang efektif didalam pembelajaran.

Artikel ini adalah bagian dari tugas Diklat Online P4TK Matematika

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun