Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sapardi Djoko Damono dalam Kenangan Puisi

20 Juli 2020   21:40 Diperbarui: 20 Juli 2020   21:29 547
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapapun yang bergelut di dunia sastra tidak akan bisa lepas dari menyebut Sapardi Djoko Damono. 

Saya sendiri kemudian menyintai puisi-puisinya karena salah menyebutkan namanya sewaktu masih di bangku sekolah. Saya menyebutnya Sapardi Djoko Darmono, kemudian oleh guru Bahasa Indonesia diingatkan tanpa huruf "r".  Sejak saat itu saya jadi suka membaca puisi-puisinya.

Kekaguman saya menjadi semakin kuat karena saya menganggap beliau termasuk seniman yang akademis, bergelar profesor doktor. Di Indonesia sedikit seniman yang sampai mencapai taraf yang demikian.  Sampai akhir hayatnya, Minggu 19 Juli 2020, beliau masih setia dengan dunianya.

Saya jadi ingat puisinya yang berjudul "Pada Suatu Hari Nanti"

     Pada suatu hari nanti

     Jasadku tak akan ada lagi

     Tapi dalam bait-bait sajak ini

     Kau tak akan kurelakan sendiri

Yang bisa kita lakukan sekarang adalah seperti yang beliau tulis dalam puisi "Hanya"

     Hanya doaku yang bergetar malam ini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun