Mohon tunggu...
Mas Nawir
Mas Nawir Mohon Tunggu... Wiraswasta/Penulis lepas

Vlogger Blogger Youtuber

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Akhir Perjalanan Sang Penipu

18 Januari 2020   22:38 Diperbarui: 18 Januari 2020   22:35 86 1 0 Mohon Tunggu...
Akhir Perjalanan Sang Penipu
Gambar ilustrasi/pixabay

Fenomena orang biasa mengaku raja dan ratu dengan menamai dirinya Raja dan Ratu Agung Sejagat, lama-lama menggelitik pikiran juga. 

Coba bayangkan ibarat seekor kucing yang mengaku dirinya macan.Sebesar apapun postur tubuhnya nggak bakalan berani mencaplok seekor anak kambing. Sebab meskipun mirip, kucing tetaplah kucing. Paling bisa paling memangsa tikus atau hewan yang sejenis.

Belasan tahun yang lalu, di perumahan kami, waktu warga belum banyak yang menunaikan ibadah haji , ada seorang warga baru yang mengaku bernama haji Budiman. 

Pakaian yang ia kenakan setiap hari pun mirip seorang haji. Pakai jubah kemanapun pergi. Sholat berjamaah di masjid menggunakan atribut lengkap dari jubah yang di pasang agak miring. Sampai sorban yang dikalungkan ke leher 

Yang kami heran istrinya tidak pernah kelihatan. Tapi bila malam telah telah tiba berganti-ganti mobil  parkir di depan rumah kontrakannya. Ia berdalih, istrinya adalah seorang manajer pabrik yang yang pulangnya selalu malam hari. Bahkan tengah malam.

Di rumah yang dikontraknya  banyak terdapat gambar bernuansa Arab. Ada gambar kebun kurma, gambar Makkah, dan foto dengan latar belakang Ka'bah yang belakangan diketahui itu hanya foto background dari studio foto yang sengaja ia buat.

Saat pengajian ia selalu mengaku memiliki pengetahuan segalanya, karena ia pernah berhaji. Sehingga seringkali orang-orang begitu minder bila untuk datang ke pengajian. Karena pendapatnya selalu dipatahkan oleh Haji Budiman. Bahkan seorang ustad yang mengisi pengajian di tempat kami sempat berhenti mengajar  karena isi ceramahnya   selalu didebat olehnya haji Budiman.

Mulut haji Budiman memang manis, hampir semua jamaah diperdaya. Saya masih ingat ia berhutang hampir kepada semua jamaah antara 100-300 ribu.

Suatu malam, setelah berkoordinasi dengan pengurus RT,  petugas kepolisian gabungan  menggrebeg kontrakan Haji Budiman. Di atas mobil polisi duduk seorang perempuan muda dengan rambut bersemir emas dalam keadaan tangan terborgol.

Penangkapan haji Budiman disaksikan warga  berlangsung sangat dramatis. Para polisi mengetuk pintu tapi tidak kunjung dibuka. Lalu seorang polisi mendobrak pintu dan marangsek masuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x