Mengunggah video dan dibayar itulah cara kerja youtube, yang akhir-akhir ini terus menghipnotis para pendatang baru yang hadir dari berbagai belahan dunia.Â
Dengan syarat yang sangat mengikat, YouTube sebagai platform aplikasi video berbayar berhasil menarik minat berjuta orang di seluruh dunia.
Penghasilan yang sering dipamerkan oleh para Youtubers di channel para pengguna seakan menjadi magnet yang menyedot perhatian.
Sebelum tahun 2017, aturan youtube sangat ringan dirasa. Orang mengunggah video sembarangan saja sudah bisa tayang iklan.
Kemudian peraturan diperbarui. Tahun 2017 YouTube mengeluarkan peraturan baru, minimal 10.000 views baru bisa mendaftarkan ke google adsense.
Langkah ini membuat para pendatang baru harus mengebut kreasi mereka dan memaksimalkan optimasi untuk mendapatkan penghasilan.
Tahun 2018 YouTube kembali mengeluarkan aturan baru yang dirasa para pengguna lebih berat. Syarat 4000 jam tayang dan 1000 subscriber untuk memulai penayangan iklan. Menjadi ujian yang sangat berat bagi para pemula.Â
Banyak channel yang lama, yang sebelumya sudah menayangkan iklan tiba-tiba dismonetisasi karena view-nya sudah lebih 4000 jam tapi subscribernya baru beberapa ratus.
Logo dolar berwarna hitam dan dicoret menghiasi laman video para pengguna di aplikasi Studio Creator.
Aturan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber ini berjalan sampai menjelang akhir tahun ini, 2019.