Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online (WA 0858 8112 5448) Tanya Jawab Seputar Info Guru

Memberi Informasi Seputar Guru

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Jurnal Ber-ISSN Syarat Naik Pangkat Guru

8 November 2019   05:48 Diperbarui: 8 November 2019   05:49 0 2 1 Mohon Tunggu...
Jurnal Ber-ISSN Syarat Naik Pangkat Guru
Sumber: dok. Pribadi

Jurnal yang sudah ber ISSN sebagai salah satu syarat naik pangkat mulai dari golongan 3d ke 4a. Jurnal merupakan publikasi ilmiah yang mendapat nilai angka kredit poin 1. Cara melihat jurnal yang sudah ber ISSN dapat anda cek dengan nomor ISSN di ISSN PDII dengan memasukan nomornya, jika muncul dengan nama jurnalnya berarti sudah valid.

Selain jurnal untuk bisa naik pangkat seorang guru membuat penelitian tindakan kelas yang mendapat nilai poim angka kredit 4. Secara umum setiap tahun guru melakukan Penilaian Kinerja Guru yang dikirim ke Dinas Pendidikan untuk dinilai oleh Tim Penilai Angka Kredit, jika nilai perkomponen sudah terpenuhi dan masa minimal empat maka guru tersebut sudah memenuhi syarat untuk kenaikan tingkat.

Untuk guru yang sudah berpangkat golongan 4b hasil Penilaian Kinerja Guru di kirim ke LPMP Propinsi. Tata cara usul penilaiannya meminta pengantar dari Dinas Pendidikan dan dikirim melalui kantor pos dengan tujuan alamat yanh sudah ditentukan oleh LPMP Propinsi masing-masing. Khusus yang dinilai oleh Tim Penilai Pusat yang berkedudukan di LPMP Propinsi nilai hasil angka kredit yang sudah dinilai bisa dicek pada laman E Pak di kemdikbud.

Sumber: screenshot epak.gtk.kemdikbud.go.id/#/pak
Sumber: screenshot epak.gtk.kemdikbud.go.id/#/pak
Caranya masukan nomor NIP Baru dan tanggal lahir lalu login, didalamnya berisi hasil penilaian yang telah dilakukan oleh Tim Penilai. Hasil yang bisa di cek adalah guru yang sudah kirim dan sudah dilakukan penilaian

KONTEN MENARIK LAINNYA
x