Mohon tunggu...
Maslani SPd
Maslani SPd Mohon Tunggu...

Pendidik di SMPN 4 Pelaihari , Kabupaten Tanah Laut., Kalimantan Selatan. Memulai menekuni menulis artikel secara rutin sejak tahun 2013, khususnya artikel yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Beberapa tulisan artikel terbit di koran lokal Kalimantan Selatan, baik koran Banjarmasin Post maupun Radar Banjarmasin.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Kenangan Penerbangan Batam-Jakarta dan Mampir di Palembang

22 Desember 2018   08:00 Diperbarui: 22 Desember 2018   08:50 0 2 0 Mohon Tunggu...
Kenangan Penerbangan Batam-Jakarta dan Mampir di Palembang
Melepas lelah saat di Bandara Seokarno-Hatta Jakarta setelah sampai dari Batam | dokpri

Kelelahan selepas dari perjalanan wisata ke Singapura  masih nampak terlihat dari wajah-wajah anggota rombongan kepala sekolah SMP dan  pejabat Dinas Pendidikan Tanah Laut saat menunggu angkutan bus  di lobby hotel seusai melakukan check out pada Ahad, tanggal 31 Juli 2016 yang lalu. Perjalanan pulang ke Banjarmasin ini dengan menggunakan pesawat dari maskapai yang sama dengan berangkat kemariin,  dengan transit dulu di bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Setelah semuanya beres, kemudian rombongan kami memasuki bus yang ada sebanyak 2 (dua) buah. Rencananya, sebelumke bandara Hang Nadim, terlebih dulu beli oleh-oleh dan makan siang, karenajadwal penerbangan ke Jakarta sekitar pukul 14.00 WIT.

Oleh sebab itu, masih ada waktu untuk beli oleh-oleh dan makan siang sambil menuju ke arah bandara. Bus yang penulis tumpangi melencur lebih dulu ke tempat yang sudah disepakati bersama sebelumnya, yaitu pusat penjualan oleh-oleh kue khas Batam, karena sebelumnya juga ada yang telah pesan dan akan diambil hari itu sebelum ke bandara.

Selanjutnya, dari pusat penjualan oleh-oleh tersebut diteruskan ke rumah makan yang sebelumnya juga sudah dihubungi oleh Alamsyah selaku agen perjalanan di Batam.

Tidak berapa lama bus yang penulis tumpangi parkir, lalu datang bus rombongan kami berikutnya. Pada saat itu hari sedang mendung dan sebentar lagi akan turun hujan.

Setelah menikmati makan siang yang sebuah warung makan yang padat pengunjung saat itu, sekitar pukul 11.00 WIB, kami meneruskan perjalanan ke bandara Hang Nadin Batam.

Sementara itu,  barang bagasi rombongan kami sudah diurus dan dikirim lebih awal ke bandara, sehingga saat kami tiba di bandara Hang Nadin tinggal masuk dan menunggu di ruang tunggu bandara yang cukup mewah tersebut.

Beberapa waktu menunggu di bandara, akhirnya kami memasuki pesawat yang menerbangkan kami ke Jakarta,  sekitar pukul 14.00 WIT. Cuaca saat memasuki kawasan bandara masih hujan,  dan ketika naik pesawat  yang akan ke Jakarta sudah mulai reda dan mulai membaik.

Menunggu bus yang akan mengantar ke hotel seputar Bandara Soekarno-Hatta Jakarta | dokpri
Menunggu bus yang akan mengantar ke hotel seputar Bandara Soekarno-Hatta Jakarta | dokpri
Selama di pesawat menuju Jakarta ini, penulis selalu memonitor pergerakan pesawat melalui layar monitor televisi yang ada di depan bangku penulis,  karena pesawat ini menyediakan layar televisi untuk media hiburan masing-masing selama dalam perjalanan di pesawat. Pada awalnya, perjalanan dari Batam ke Jakarta ini berjalan normal dan biasa saja.

Tetapi,  setelah penerbangan memasuki wilayah sekitar Sumantera, terdengar pengumuman bahwa pesawat akan di arahkan ke bandara terdekat, yaitu bandara Sultan Muhmud Badaruddin II, Palembang,  Sumatera Selatan, dengan alasan untuk pengisian bahan bakar.

bbtama4-y-5c1d9806ab12ae61494c1838.jpg
bbtama4-y-5c1d9806ab12ae61494c1838.jpg
Penulis memperhatikan kembali pergerakan pesawat melalui layar monitor, dan ternyata pesawat mengarah ke bandara yang dimaksud saat pengumuman yang disampaikan sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2