Mohon tunggu...
Chuck Wisnoe
Chuck Wisnoe Mohon Tunggu... Wiraswasta - The cool.....

What is done in a hurry is seldom done well

Selanjutnya

Tutup

Diary

Upaya Saya Membentengi Diri Melawan Virus Corona

30 Januari 2021   22:03 Diperbarui: 3 Februari 2021   12:04 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sehat Wal Andong ( Istockphoto)

Sudah Satu tahun lebih virus corona menderah hampir semua negara di dunia termasuk negeri tercinta ini. Segala usaha dilakukan untuk menghadapi sebaran virus corona yang sudah menjadi pandemi ini. Pantaslah jika setiap orang menyikapi penyakit covid - 19 dengan cara yang berbeda menurut keyakinan individu masing - masing. Intinya apa untuk menghadapi ganasnya virus corona bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan vaksin , obat - obatan dan ramuan herbal baik untuk pencegahan dan pengobatan. 

Sudah menjadi hak setiap orang untuk berusaha semampunya dan dengan berbagai cara  ditempuh untuk memperkuat  pertahanan diri dari serangan virus corona yang tak bisa dilihat keberadaannya.

Rasa kuatir pasti dirasakan oleh setiap orang , entah itu perasaan biasa , sedang dan berlebihan dalam menyikapi covid - 19. Akan tetapi ada pula orang yang cuek dengan pandemi virus corona. Kalau saya sendiri merasa kuatir juga dengan pandemi corona ini. Apalagi mengetahui ada saudara , tetangga , orang lain yang terserang virus corona. Ada yang sembuh dan ada yang meninggal. Wajar bila saya juga kuatir dengan penyakit ini karena kenyataan yang sudah saya lihat sendiri itu. Belum lagi saya selalu mengikuti berita up to date tentang jumlah korban meninggal maupun positif yang grafiknya menanjak. Apa yang bisa saya katakan selain harus melakukan langkah pencegahan  untuk  memperkuat imun tubuh. 

Berbicara mengenai pencegahan agar terhindar dari hal - hal yang tidak diinginkan , saya juga melakukan upaya sendiri , mohon maaf ini langkah  pertahanan daya tahan tubuh menurut menurut versi saya sendiri. 

Saya menyadari bahwa virus corona memang benar - benar ada dan itu bisa saya lihat dari breaking news di media  tentang corona dan jumlah yang positif , sembuh dan meninggal yang setiap hari di update oleh Gugus Tugas Nasional Penanganan Covid - 19. 

Berdoa itu sudah pasti , akan tetapi saya juga melakukan upaya lain yang mungkin bisa memperkuat daya tahan tubuh saya. Kalau boleh bercerita , saya juga patuh dengan arahan untuk selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Selain itu , saya juga melakukan pencegahan mandiri. 

Anda pasti juga punya  cara dan strategi sendiri supaya tetap sehat dan jauh dari serangan virus corona. Begitu juga dengan saya , kalau boleh sharing dikit , upaya berikut ini yang saya lakukan di rumah untuk memperkuat daya tahan tubuh , yaitu : 

1. Setiap 1 minggu sekali saya membuat ramuan herbal dari  parutan air kunyit dicampur madu lebah. Biasanya saya buat 1 bulan sekali , akan tetapi saya pikir corona mwmbahayakan maka saya membuat ramuan ini menjadi 4 kali dalam satu bulan.

2. Saya juga mengkonsumsi madu lebah , vitamin , susu , vermin ( obat dari cacing tanah ).

3. Saya juga menggunakan hair dryer untuk menghangatkan tubuh , memanasi lubang hidung tapi jangan lama - lama memanasinya nanti malah gosong lho. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun