Mohon tunggu...
Ahmad Indra
Ahmad Indra Mohon Tunggu... Swasta

Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini ingin itu banyak sekali

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jokowi Wacanakan Ganti Libur Lebaran, Luhut : Mungkin Akhir Tahun

2 April 2020   22:48 Diperbarui: 3 April 2020   10:53 91 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jokowi Wacanakan Ganti Libur Lebaran, Luhut : Mungkin Akhir Tahun
Suasana di stasiun Kereta Api I jawapos.com

"Pemerintah sekarang sedang menyiapkan juga satu rencana kebijakan agar orang tidak mudik dulu," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud, MD saat melakukan video conference dengan awak media, Jumat (27/3) sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

Mudik Dilarang, Momen Melayang

Covid-19 memang luar biasa. Pantas disebut sebagai wabah mengerikan di awal milenium ke dua. Hingga kini, virus antar benua itu terhitung sudah menginfeksi 900 ribu lebih orang di seluruh belahan dunia. Dia pun telah mengintervensi semua lini dari politik, ekonomi, tradisi hingga reliji.

Cina dan Amerika Serikat yang sebelumnya bersitegang, dikabarkan tengah menurunkan tensinya. Para ahli dari ke dua negara baru-baru ini dikabarkan telah bekerja sama dalam usaha penanggulangan pandemi global itu. Ekonomi pun terpukul. Nilai tukar rupiah pun menembus angka 17.000. 

Dan sektor yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pun tak kalah merana. Kondisi inilah yang menjadi salah satu pertimbangan ditolaknya wacana lock down oleh sebagian orang. Sebab bagi masyarakat yang menggantungkan pendapatannya pada perputaran uang harian, maka turunnya jumlah permintaan akan begitu terasa. Berbeda dengan para pekerja dengan gaji tetap di tidak bulannya.

Dampak coronavirus pun menyentuh tradisi yang sudah melekat pada diri bangsa Indonesia. Menjadi negara yang mayoritas penduduknya muslim, tradisi silaturahmi saat Idul Fitri begitu luas dilaksanakan, dari desa hingga kota, dari timur hingga barat. Dan tradisi inilah yang pada tahun ini hendak 'dihapus' sementara oleh pemerintah karena berpotensi dalam menyebarkan Covid-19. 

Mudik tentunya akan bersifat kontradiktif dengan karantina yang dijalankan oleh beberapa wilayah. Oleh sebab itu, kesadaran para perantau terutama dari ibu kota Jakarta sebagai epicentrum Covid-19 untuk menunda kepulangannya benar-benar diharapkan. 

Penundaan itu diharapkan dapat menolak bala yang mungkin datang melalui perantaraan kepulangan para pemudik. Bahasa kerennya, menolak bahaya lebih utama daripada mengambil manfaat, dalam hal ini silaturahim.

Jokowi Wacanakan Libur Pengganti

“Saya melihat ini untuk mudik dalam rangka menenangkan masyarakat, mungkin alternatif mengganti hari libur nasional di lain hari untuk hari raya. Ini mungkin bisa dibicarakan,” kata Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas Pembahasan Antisipasi Mudik melalui video conference di Istana Bogor, Kamis (2/4) sebagaimana dikutip Kompas.

Presiden nampaknya melihat kegalauan para perantau yang bisa jadi hanya pulang setahun sekali. Bagi sebagian dari mereka, urungnya pulang kampung merupakan cobaan. Meski sebenarnya mereka tahu akan potensi bahayanya baik bagi dirinya ataupun orang lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x