Agus Setyanto
Agus Setyanto karyawan swasta

baru belajar menyusun kata biar menjadi kalimat yang enak dibaca...

Selanjutnya

Tutup

Travel

Yuk, Melihat Keelokan Kota Pacitan dari Sentono Gentong

11 Juni 2018   20:31 Diperbarui: 11 Juni 2018   20:58 486 0 0
Yuk, Melihat Keelokan Kota Pacitan dari Sentono Gentong
Melihat keelokan Kota Pacitan dari ketinggian Bukit Sentono Gentong/dokumentasi pribadi

Libur lebaran (Idul Fitri) selain menjadi waktu yang berkualitas untuk berkumpul bersama sanak saudara juga merupakan waktu yang pas untuk refreshing anggota keluarga. Refreshing ke objek-objek wisata bersama keluarga tentu menjadi pengalaman dan kesempatan yang sangat berharga.

Nah, omong-omong tentang objek wisata, terutama bagi Anda yang mudik lebaran ke daerah Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Solo, dan Yogyakarta sebaiknya Anda sempatkan mengunjungi objek wisata baru di Pacitan, yaitu Sentono Gentong. Tempat yang sangat pas untuk melihat keelokan Kota Pacitan dari ketinggian.

Terletak di Dusun Dadapan, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Sentono Gentong berjarak sekitar 18 km dari Kota Pacitan. Objek wisata yang lokasinya di kawasan bukit karst ini berada di jalur utama Pacitan - Solo. Titik lokasinya sendiri masih masuk sekitar 500 m dari jalan raya Pacitan - Solo.

Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk mencapai lokasi yang sebagian jalan masuk dari jalan utama masih bebatuan. Sementara itu, jika menggunakan angkutan umum masih harus menyambung dengan angkutan lain yang masih sulit ditemukan ketersediaannya.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Oleh karena merupakan objek wisata yang masih baru, area di sekitar kawasan Sentono Gentong sendiri masih tampak seadanya. Beberapa sudut juga tampak sedang dilakukan pembangunan fasilitas-fasilitas untuk kenyamanan pengunjung.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Namun, meski sedang dilakukan berbagai pembangunan ternyata tak mengurangi kenyamanan pengunjung dalam untuk menikmati keindahan Kota Pacitan dari ketinggian Sentono Gentong. Bahkan, pada bulan Mei yang lalu Bukit Sentono Gentong digunakan untuk kegiatan Liga Paralayang Provinsi Jawa Timur. Kegiatan itu menunjukkan Sentono Gentong merupakan lokasi yang pas untuk menikmati keindahan Kota Pacitan.

Selain dapat melihat keindahan Kota Pacitan, saat berada di Sentono Gentong kita juga dapat memandang hamparan luasnya Samudra Hindia hingga batas cakrawala. Birunya Samudra Hindia saat langit sedang cerah menambah eloknya kawasan Sentono Gentong.

Saat ini pengelolaan objek wisata Sentono Gentong masih dilakukan oleh pemerintah Desa Dadapan yang menarik tiket masuk kawasan seharga Rp10.000,00/orang. Karcis masuk pun masih berupa kertas foto copy yang ditandai dengan stempel pemerintahan desa. 

Nah, pastikan liburan Anda kali ini menyempatkan diri melongok keindahan  alam khas kawasan karst Pegunungan Sewu di Sentono Gentong.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Hmmm..... tapi rasanya kurang lengkap jika traveling atau backpackeran tanpa icip-icip kuliner lokal tentunya. Nah, buat Anda yang memerlukan referensi kuliner lokal ada baiknya mencoba warung sarapan "Mbak Anik" di Jl dr Sutomo No. 56 Pacitan, tak jauh dari alun-alun Kota Pacitan. Judulnya warung sarapan, tentu saja ramai diserbu pembeli saat pagi hari. Oleh karena itu, atur waktu perjalanan Anda di Pacitan agar tak terlewatkan mampir di warung ini. Dijamin rasa masakannya bikin ketagihan.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Selamat lebaran. Selamat berlibur di Pacitan.