Mohon tunggu...
Ananda Dimas Dwi Prasetyo
Ananda Dimas Dwi Prasetyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Futsal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Public Relations

13 Juni 2022   01:42 Diperbarui: 13 Juni 2022   01:43 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa Itu Public Relations? Yuk Kenal Lebih Dalam Lagi

Apa itu Public Relations?

Public Relations adalah pekerjaan yang memiliki tugas yaitu menyelenggarakan urusan, pekerjaan dan kegiatan penyediaan dukungan dan bantuan dalam rangka membina hubungan pemerintah daerah dengan masyarakat, hubungan degan pers, publikasi, dan dokumentasi dalam rangka penyebarluasan informasi, menciptakan komunikasi dua arah dan Kerjasama yang serasi dan dinamis dengan masyarakat, memantau, dan menampung aspirasi dan opini yang berkembang dalam masyarakat.

Seorang Public Relations juga harus memiliki strategi komunikasi yang bisa meperdalam tingkat kepercayaan masyarakat terhadap suatu individu, perushaaan, atau Lembaga. Tujuannya adalah untuk menjalin dan memelihara Kerjasama diantara dua pihak, menciptakan komunikasi dua arah,

Job Desk Public Relations

Pada era zaman sekarang ini peran public relations masih menjadi incaran fresh graduate atau lulusan baru, tapi apakah kalian sudah mengetahuin apa saja jobdesk seorang public Relations?

Jobdesk Public Relations sama dengan humas padahal keduanya berbading terbalik antara tugas ataupun tanggung jawab. Jobdesk Publik relations jauh lebih rumit dan banyak dibandingkan dengan apa yang anda pikirkan saat ini, Berikut adalah tugas dari Public Relations :

  • Menjadi jembatan komunikasi antara perusahaan dengan pihak luar (masyarakat, media, dan pihak-pihak lainnya)
  • Merancang dan membuat press release
  • Menyiapkan pernyataan atau pidato yang akan disampaikan oleh juru bicara perusahaan atau audio visual terkait pernyataan tersebut
  • Melakukan pengawasan terhadap aktivitas kompetitor bisnis
  • Membangun identitas brand perusahaan dan kesadaran masyarakat tentang perusahaan
  • Mengatur reputasi perusahaan dengan membuat berbagai macam program. Seperti manajemen krisis hingga melakukan riset terkait pandangan publik kepada perusahaan
  • Membuat, mengatur, dan mengelola event perusahaan terkait peluncuran produk atau acara lainnya
  • Memperbarui dan memonitor konten atau aktivitas pada platform yang digunakan perusahaan. Baik media sosial, website, atau email
  • Melakukan pengembangan strategi komunikasi untuk meningkatkan mutu perusahaan
  • Melakukan evaluasi dan perencanaan strategi hubungan perusahaan dengan masyarakat
  • Melakukan riset atau memberikan ide terkait strategi kemajuan dan pengembangan perusahaan
  • Mempresentasikan dan menjaga citra perusahaan di mata masyarakat
  • Membagikan informasi terkait perusahaan kepada pihak luar
  • Menyusun program untuk iklan dan promosi produk perusahaan
  • Menetapkan, mengawasi, dan meninjau kegiatan humas

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun