Mohon tunggu...
Kang Pandy
Kang Pandy Mohon Tunggu... Freelancer - bismillahirrohmanirrahim

Saya adalah seorang yang ingin menjadi penulis. kunjungi web kami di https://apdetinfo.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Aku Tahu, Kamu Seperti Kami

27 Mei 2019   12:09 Diperbarui: 27 Mei 2019   12:12 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Salah satu teman terdekat kami adalah Stan Dale. Stan mengajarkan seminar tentang cinta dan hubungan yang disebut Seks, Cinta, dan Keintiman. Beberapa tahun yang lalu, dalam upaya untuk mengetahui seperti apa sebenarnya orang-orang di Uni Soviet, dia membawa 29 orang ke Uni Soviet selama dua minggu. Ketika dia menulis tentang pengalamannya di buletinnya, kami sangat tersentuh oleh anekdot berikut.

Sambil berjalan melalui taman di kota industri Kharkov, saya melihat seorang veteran tua Rusia dari Perang Dunia II. Mereka mudah dikenali dari medali dan pita yang masih mereka pamerkan dengan bangga di baju dan jaket mereka. Ini bukan tindakan egotisme. Ini adalah cara negara mereka untuk menghormati mereka yang membantu menyelamatkan Rusia, meskipun 20 juta orang Rusia terbunuh oleh Nazi. Saya pergi ke lelaki tua ini duduk bersama istrinya dan berkata, "Druzhba i mir" (persahabatan dan kedamaian). Pria yang menatapku seolah tak percaya, mengambil tombol yang kami buat untuk perjalanan dan berkata "Persahabatan" dalam bahasa Rusia dan menunjukkan peta AS dan AS ditahan oleh tangan yang penuh kasih, dan berkata,

"Americanski?" Saya menjawab, "Da, Americanski. Druzhba i mir." Dia menggenggam kedua tanganku seolah-olah kami sudah lama bersaudara dan mengulangi lagi, "Orang Amerika!" Kali ini ada pengakuan dan cinta dalam pernyataannya.

Selama beberapa menit berikutnya dia dan istrinya berbicara dalam bahasa Rusia seolah-olah saya mengerti setiap kata, dan saya berbicara bahasa Inggris seolah-olah saya tahu dia akan mengerti. Kamu tahu apa? Tak satu pun dari kami mengerti satu kata, tapi kami pasti saling memahami. Kami berpelukan, dan tertawa dan menangis, sambil berkata, "Druzhba i mir, Americanski." "Aku mencintaimu, aku bangga berada di negaramu, kami tidak ingin perang. Aku mencintaimu!"

Setelah sekitar lima menit, kami mengucapkan selamat tinggal, dan kami bertujuh dalam kelompok kecil berjalan. Sekitar 15 menit kemudian, agak jauh, veteran tua yang sama ini menyusul kami. Dia mendatangi saya, melepas medali Order of Lenin-nya (mungkin miliknya yang paling berharga) dan menempelkannya di jaket saya. Dia kemudian mencium bibir saya dan memberi saya salah satu pelukan paling hangat dan paling penuh kasih yang pernah saya terima. Kemudian kami berdua menangis, saling menatap mata untuk waktu yang lama, dan berkata,

"Dossvedanya" (selamat tinggal).

Kisah di atas adalah simbol dari seluruh perjalanan "Diplomasi Warga" kami ke Uni Soviet. Setiap hari kami bertemu dan menyentuh ratusan orang di setiap situasi yang mungkin dan tidak mungkin. Baik Rusia maupun diri kita sendiri tidak akan sama. Sekarang ada ratusan anak sekolah dari tiga sekolah yang kami kunjungi yang tidak akan begitu siap untuk menganggap orang Amerika sebagai orang yang ingin "membujuk" mereka. Kami menari, bernyanyi dan bermain dengan anak-anak dari segala usia, dan kemudian kami berpelukan, mencium, dan berbagi hadiah. Mereka memberi kami bunga, kue, kancing, lukisan, boneka, tetapi yang terpenting, hati dan pikiran terbuka mereka.

Lebih dari sekali kami diundang untuk menjadi anggota pesta pernikahan, dan tidak ada anggota keluarga biologis yang bisa lebih hangat diterima, disambut dan dipandu daripada kami. Kami berpelukan, berciuman, menari dan minum sampanye, schnapps, dan vodka bersama kedua mempelai, juga Momma dan Poppa dan anggota keluarga lainnya.

Di Kursk, kami ditampung oleh tujuh keluarga Rusia yang mengajukan diri untuk membawa kami menikmati makanan, minuman, dan percakapan malam yang indah. Empat jam kemudian, tidak ada dari kami yang ingin berpisah. Grup kami sekarang memiliki keluarga baru yang lengkap di Rusia.

Malam berikutnya "keluarga kami" dipandu oleh kami di hotel kami. Band bermain sampai hampir tengah malam, dan coba tebak? Sekali lagi kami makan, minum, berbicara, menari dan menangis ketika tiba saatnya untuk berpisah. Kami menari setiap tarian seolah-olah kami adalah kekasih yang penuh gairah, dan itulah kami.

Saya bisa melanjutkan selamanya tentang pengalaman kami, namun tidak ada cara untuk menyampaikan kepada Anda persis bagaimana perasaan kami. Bagaimana perasaan Anda ketika Anda tiba di hotel di Moskow, jika ada pesan telepon yang menunggu Anda, yang ditulis dalam bahasa Rusia, dari kantor Mikhail Gorbachev yang mengatakan ia menyesal tidak bisa bertemu dengan Anda akhir pekan itu karena ia akan keluar kota, tetapi dia malah mengatur agar seluruh kelompokmu bertemu selama dua jam dalam diskusi meja bundar dengan sekitar setengah lusin anggota Komite Sentral? Kami melakukan diskusi yang sangat jujur tentang segala hal, termasuk seks.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun