Mohon tunggu...
maryam asyifa
maryam asyifa Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu rumah tangga

Saya suka masak dan belajar, sy suka bercerita juga menulis

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Artikel realita Perjalanan mahasiswi And IRT

19 Mei 2023   10:51 Diperbarui: 19 Mei 2023   11:05 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Artikel realita 

Perjalanan Mahasiswi Ibu Tangga

Menjalani kehidupan sebagai seorang mahasiswi dan ibu rumah tangga merupakan perjalanan yang tidak mudah. Dalam peran ganda ini, saya harus menyeimbangkan tanggung jawab akademik dengan tugas-tugas sehari-hari sebagai seorang ibu yang merawat keluarga. Artikel ini akan mengisahkan pengalaman pribadi saya sebagai seorang mahasiswi dan ibu rumah tangga, serta tantangan dan pelajaran berharga yang saya dapatkan dalam perjalanan ini.

Kehidupan saya mengambil jalan yang berbeda ketika saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi setelah menikah dan memiliki anak. Meskipun memiliki tanggung jawab sebagai seorang ibu, saya merasa memiliki ambisi dan keinginan untuk mendapatkan gelar sarjana. Keputusan ini tidaklah mudah, tetapi dengan dukungan dari keluarga dan pasangan hidup, saya memutuskan untuk mengejar impian tersebut.

Menyeimbangkan peran sebagai mahasiswi dan ibu rumah tangga adalah tantangan utama yang saya hadapi. Saya harus belajar membagi waktu antara menghadiri kuliah, mengerjakan tugas-tugas akademik, dan mengurus kebutuhan keluarga. Terkadang, tugas-tugas rumah tangga yang menumpuk membuat saya merasa kewalahan, tetapi dengan dukungan suami dan keluarga, saya belajar untuk mengatur prioritas dan meminta bantuan ketika diperlukan.

Dalam perjalanan ini, dukungan sosial menjadi faktor penting dalam keberhasilan saya. Suami, keluarga, dan teman-teman memberikan dukungan moral dan praktis yang sangat berarti. Mereka membantu menjaga anak-anak ketika saya harus mengikuti kuliah atau ujian. Namun, tantangan juga tidak bisa dihindari. Terkadang, jadwal kuliah yang padat dan tugas-tugas rumah tangga membuat saya merasa kelelahan dan terbebani. Namun, dengan ketekunan dan motivasi yang tinggi, saya berhasil mengatasi setiap tantangan yang muncul.

Perjalanan ini telah memberikan banyak pelajaran berharga dalam hidup saya. Saya belajar untuk menghargai waktu dan mengatur prioritas dengan bijak. Saya juga belajar untuk menjadi lebih fleksibel dan adaptif dalam menghadapi perubahan yang tak terduga. Selain itu, peran ganda ini telah mengasah kemampuan multitasking dan manajemen waktu saya, yang akan menjadi keterampilan berharga di masa depan.

Menjadi seorang mahasiswi dan ibu rumah tangga bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan tekad dan dukungan yang kuat, saya berhasil melewati perjalanan ini. Melalui tantangan dan pelajaran berharga yang saya dapatkan, saya merasa lebih kuat dan percaya diri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun