Mohon tunggu...
Martha Thalia
Martha Thalia Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Nasib Email Marketing di Masa depan

8 Februari 2018   12:33 Diperbarui: 8 Februari 2018   12:40 584
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Email memiliki "usia" yang tua, tapi tanpa keraguan, email masih mampu mengikuti perkembangan dunia sebagai salah satu media untuk terhubung dengan orang lain hingga sebagai channel marketing yang biasa disebut dengan email marketing.

Sekarang ini kita sudah tidak lagi mendengar teriakan bahwa email itu sudah mati. Justru seruan bahwa email marketing menjadi lebih cerdas dan lebih kuat dari sebelumnya. Bahkan email marketing saat ini dapat digunakan untuk memberikan konten yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat.

Karena kuatnya pengaruh email marketing, memilih tools dengan harga yang terjangkau namun dilengkapi dengan segudang fitur (seperti: MailTarget) adalah sebuah keharusan.

Tapi apa yang kiranya akan terjadi pada email marketing beberapa tahun lagi, menjadi semakin baik atau keberadaannya akan meredup? Setidaknya terdapat 6 perkiraan nasib email marketing dimasa depan.

Prediksi 1 : Mobile Payments Akan Masuk ke dalam Inbox

Dengan lebih dari 68% email dapat dibuka pada perangkat seluler, terlihat jelas bahwa email dan mobile devices akan saling berkaitan antara satu sama lain.

Transaksi pembayaran melalui mobile yang akan masuk ke dalam inbox, bukan lagi sesuatu yang tidak mungkin. Belum pasti apakah apakah hal itu akan terjadi dalam iOS atau Android terlebih dahulu, tapi yang pasti Anda akan melihat adanya SDK integrasi berbasis sidik jari untuk Gmail/Apple Mail pada mobile devices yang memungkinkan untuk melakukan konfirmasi/pembayaran cukup dengan 1 klik dari email.

Prediksi 2 : Akan Ada Revolusi dalam Desain Email

Semakin lama, sistem perancangan email yang fleksibel akan menjadi perubahan mendasar mengenai bagaimana email dibuat dan di desain.

Para designer, developer dan content creator akan bekerja sama untuk mengembangkan suatu sistem yang dapat digunakan untuk campaigns dan menciptakan suatu modular templates dengan adanya component content yang akan sangat berguna dalam perancangan email. Akan membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih sedikit untuk menciptakan suatu konten yang lebih berguna dan bermakna, daripada merasa pusing terus menerus memikirkan perancangan untuk menciptakan suatu "tempat".

Seperti desain dan grid systems pada web, selalu ada kesempatan untuk break the rules, paradigma dan perancangan desain secara out of the box, namun sebagian besar perusahaan hanya perlu melakukan teknik komunikasi yang baik. Kami yakin bahwa email service providers mampu menghasilkan produk yang dapat membantu tim dan para klien untuk menyelesaikan permasalahan dan membantu pekerjaan mereka. Fleksibilitas dan kemudahan dalam menggunakan email akan menentukan dekade berikutnya dalam email marketing.

Prediksi 3 : Akan Terjadi Perubahan dalam Marketing Automation

Marketing automation telah terbukti memudahkan pekerjaan marketer, dan akan terus berkembang dengan tujuan tersebut. Automation akan menjadi semakin cerdas. Kita akan melihat lebih banyak opsi dalam melakukan campaigns yang telah diotomatisasi dengan hal-hal seperti adanya advanced segmentation dan time optimized sending, sehingga Anda dapat melakukan pengendalian sepenuhnya bukan hanya isi pesan, namun siapa saja yang akan mendapatkannya dan kapan waktu pengirimannya.

Terdapat juga potensi besar dari SMS dan masih belum dimanfaatkan. SMS dapat menjadi pelengkap yang sempurna untuk email marketing campaigns Anda dalam menjangkau audiens dengan pesan yang relevan.

Prediksi 4 : Behavioral data akan membantu marketers untuk mendominasi persaingan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun