Tekno

Nasib Email Marketing di Masa depan

8 Februari 2018   12:33 Diperbarui: 8 Februari 2018   12:40 459 0 0
Nasib Email Marketing di Masa depan
photo-1504805572947-34fad45aed93-5a7be3205e13730ed92ab396.jpg

Email memiliki "usia" yang tua, tapi tanpa keraguan, email masih mampu mengikuti perkembangan dunia sebagai salah satu media untuk terhubung dengan orang lain hingga sebagai channel marketing yang biasa disebut dengan email marketing.

Sekarang ini kita sudah tidak lagi mendengar teriakan bahwa email itu sudah mati. Justru seruan bahwa email marketing menjadi lebih cerdas dan lebih kuat dari sebelumnya. Bahkan email marketing saat ini dapat digunakan untuk memberikan konten yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat.

Karena kuatnya pengaruh email marketing, memilih tools dengan harga yang terjangkau namun dilengkapi dengan segudang fitur (seperti: MailTarget) adalah sebuah keharusan.

Tapi apa yang kiranya akan terjadi pada email marketing beberapa tahun lagi, menjadi semakin baik atau keberadaannya akan meredup? Setidaknya terdapat 6 perkiraan nasib email marketing dimasa depan.

Prediksi 1 : Mobile Payments Akan Masuk ke dalam Inbox

Dengan lebih dari 68% email dapat dibuka pada perangkat seluler, terlihat jelas bahwa email dan mobile devices akan saling berkaitan antara satu sama lain.

Transaksi pembayaran melalui mobile yang akan masuk ke dalam inbox, bukan lagi sesuatu yang tidak mungkin. Belum pasti apakah apakah hal itu akan terjadi dalam iOS atau Android terlebih dahulu, tapi yang pasti Anda akan melihat adanya SDK integrasi berbasis sidik jari untuk Gmail/Apple Mail pada mobile devices yang memungkinkan untuk melakukan konfirmasi/pembayaran cukup dengan 1 klik dari email.

Prediksi 2 : Akan Ada Revolusi dalam Desain Email

Semakin lama, sistem perancangan email yang fleksibel akan menjadi perubahan mendasar mengenai bagaimana email dibuat dan di desain.

Para designer, developer dan content creator akan bekerja sama untuk mengembangkan suatu sistem yang dapat digunakan untuk campaigns dan menciptakan suatu modular templates dengan adanya component content yang akan sangat berguna dalam perancangan email. Akan membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih sedikit untuk menciptakan suatu konten yang lebih berguna dan bermakna, daripada merasa pusing terus menerus memikirkan perancangan untuk menciptakan suatu "tempat".

Seperti desain dan grid systems pada web, selalu ada kesempatan untuk break the rules, paradigma dan perancangan desain secara out of the box, namun sebagian besar perusahaan hanya perlu melakukan teknik komunikasi yang baik. Kami yakin bahwa email service providers mampu menghasilkan produk yang dapat membantu tim dan para klien untuk menyelesaikan permasalahan dan membantu pekerjaan mereka. Fleksibilitas dan kemudahan dalam menggunakan email akan menentukan dekade berikutnya dalam email marketing.

Prediksi 3 : Akan Terjadi Perubahan dalam Marketing Automation

Marketing automation telah terbukti memudahkan pekerjaan marketer, dan akan terus berkembang dengan tujuan tersebut. Automation akan menjadi semakin cerdas. Kita akan melihat lebih banyak opsi dalam melakukan campaigns yang telah diotomatisasi dengan hal-hal seperti adanya advanced segmentation dan time optimized sending, sehingga Anda dapat melakukan pengendalian sepenuhnya bukan hanya isi pesan, namun siapa saja yang akan mendapatkannya dan kapan waktu pengirimannya.

Terdapat juga potensi besar dari SMS dan masih belum dimanfaatkan. SMS dapat menjadi pelengkap yang sempurna untuk email marketing campaigns Anda dalam menjangkau audiens dengan pesan yang relevan.

Prediksi 4 : Behavioral data akan membantu marketers untuk mendominasi persaingan

Diprediksi bahwa para pebisnis akan mulai mengintegrasikan informasi perilaku pelanggan dari perangkat baru. Google Home dan Amazon Echo adalah contoh dari perangkat baru yang disukai oleh pelanggan untuk berbagi apa yang mereka suka, tidak suka dan behavioral data lainnya yang dapat digunakan oleh marketers dalam strategi pemasaran mereka.

Karena semakin banyak jumlah konsumen yang menggunakan perangkat cerdas di kehidupan mereka, para pebisnis dapat mengetahui lebih banyak data konsumen, seperti situs yang dikunjungi, aplikasi yang diunduh atau bahkan game yang sedang mereka mainkan. Behavioral data bersifat sangat unik bagi para pelaku bisnis karena dapat memberikan informasi di luar data statis yang mereka miliki. Behavioral data memungkinkan para pebisnis untuk membagi para pelanggan mereka menjadi segmen yang lebih spesifik lagi, sehingga memungkinkan mereka melakukan personalisasi dengan konten yang relevan untuk menyampaikan pesan yang benar di waktu yang tepat. Dengan menggunakan taktik ini ke dalam strategi marketing, para pebisnis dapat meningkatkan engagement.

Para pelaku bisnis yang mengintegrasikan behavioral data ke dalam strategi pemasaran akan mendominasi persaingan di tahun-tahun yang akan datang.

Prediksi 5 : Email address saja tidak cukup

Email marketing selalu tentang menjangkau orang yang tepat. Konsep dari email marketing adalah Person + Profile + Purpose = Performance.

Nilai penting dari email marketing tidak terletak dalam email list (seperti yang biasa kami katakan). Para pebisnis mencoba mengumpulkan banyak informasi saat seseorang mendaftar atau bergabung dalam daftar. Saat ini, pesan satu ukuran tidak lagi tepat untuk diterapkan. Pelanggan lebih banyak membutuhkan konten yang telah disegmentasikan dan relevan. Tentu saja, para pebisnis membutuhkan lebih banyak data mengenai para pelanggan mereka.

Kualitas audiens didefinisikan dari kelengkapan profil para pelanggan. Ya, sekali lagi kami tekankan kepada Anda bahwa pengumpulan data audiens sangatlah penting. Hal itu berarti bahwa sign up forms akan mengumpulkan lebih banyak informasi berharga yang akan berguna bagi pengiriman satu rangkaian email kepada para pelanggan.

Prediksi 6 : Email KPIs (Key Performance Indicator) akan memungkinkan untuk dibuka dan diklik

Anda memiliki tim yang bekerja keras dan juga cerdas. Akan tetapi, Anda tidak memiliki perangkat atau campaign timelines untuk melakukan pengelolaan KPI.

Saat ini, email marketing platforms dirancang untuk streamline email development task, memberikan reports yang kaya akan data dan bersifat sangat penting. Email service providers yang bagus dapat memberikan laporan tentang open rates dan click-through rates, dan juga bounce rates, subscriber location dan masih banyak lagi (seperti fitur yang disediakan oleh MailTarget). Di luar reports yang disediakan MailTarget juga memungkinkan para pebisnis untuk menggunakan Google Analytics dan Facebook Pixel, tanpa harus bersusah payah membangun tautan email khusus.

Seperti yang kita ketahui, email saat ini dapat diintegrasikan lebih jauh dengan berbagai macam marketing dan analytics platforms. Akan ada lebih banyak pebisnis yang tidak hanya fokus pada ROI, namun juga dapat melihat bagaimana email dapat memengaruhi adanya pembelian berulang, renewal rates, adopsi fitur dan masih banyak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2