Mohon tunggu...
maromi
maromi Mohon Tunggu... Guru - Guru

selamat datang di halaman kami, terimakasih sudah berkunjung

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Anak Investasi di Masa Depan

12 September 2021   10:10 Diperbarui: 12 September 2021   11:40 33 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Tuhan menciptakan manusia dengan begitu luar biasanya. Tuhan Menciptakan perjalanan panjang sebuah kehidupan dimana kehidupan bermula dari benda kecil yang belum berwujud hingga pada masanya menjadi sebuah bentuk yang sempurna atau yang biasa kita sebut sebagai manusia yang utuh. 

Dari penciptaan yang sangat sempurna itu, lahirlah sebuah makhluk kecil yang sempurna yaitu disebut dengan bayi. seiring berjalanannya waktu bayi itu tumbuh dan berkembang menjadi anak kecil dengan segala karakter yang beragam. Didalam ajaran islam sendiri anak merupakan anugerah yang begitu indah dan amanah bagi orang tua dimana anak akan menjadi investasi dimasa depan.

Berkaitan dengan hal tersebut begitu pentingya sebagai orang tua harus memperhatikan kebutuhan anak dalam berbagai tahap pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam hal ini sebagai orang tua haruslah berusaha memenuhi kebutuhan Asuh, Asih dan asah.

Apa saja yang dimaksud kebutuhan asah, asuh dan asih

  1.   Asuh adalah bentuk perilaku orang tua dalam memenuhi minimal tiga kebutuhan pokok anak berupa kebutuhan pangan, papan dan          sandang. ketiga hal tersebut sesuai dengan syarat dan ketentuan agar bisa dioptimal. Dalam hal ini kebutuhan anak Pangan haruslah         yang memenuhi syarat sehat dan aman dari bahan berbahaya (tidak direkomendasi untuk diberikan kepada anak) kebutuhan papan juga harus menjadi perhatian orang tua dalam menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman untuk anak      dalam melaksanakan kegiatan aktivitas anak. Kebutuhan sandang juga harus diperhatikan dalam hal ini kelayakan pakaian untuk               dikenakan anak.
  2. Asih adalah merupakan peran orang tua dalam memenuhi kebutuhan akan kasih sayang, rasa aman dan kepercayaan. Menurut para ahli secara kognitif ketika anak mendapatkan pelukan dann kasih sayang akan membantu meningkatkan kecerdasan anak . Kebutuhan anak akan kasih sayang, rasa aman juga akan memberikan pengaruh terhadap rasa percaya diri, sikap dan kebutuhan anak mengeksplor hal hal baru yang ditemui anak.
  3. Asah adalah bagian dari kebutuhan anak  yang diberikan orang tua untuk membantu memberikan rangsangan terhadap tumbuh dan kembang anak melalui berbagai permainan dan pendampingan ketika anak beraktivitas. Dari ketiga hal diatas sangat penting sekali sebagai orang tua untuk membantu memenuhi kebutuhan asuh, asih dan asah anak supaya pertumbuhan dan perkembangan anak bisa tercapai dengan optimal.

refrensi penulisan:

Penuhi Tiga Kebutuhan Dasar Tumbuh Kembang Anak: Asuh, Asih, Asah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan