Mohon tunggu...
Marla Suryani Lasappe
Marla Suryani Lasappe Mohon Tunggu...

Saya berbintang Pisces--------------------------------------------------- hobby cooking, travelling------------------------------------------------------- I am a writer, food blogger ----------------------------------------------------- IG: marlasuryani ------------------------------------------------------------------- twitter: marlasuryani@marla-suryani--------------------------------------- http://aksaramarla.wordpress.com https://www.facebook.com/marla.thalib

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menghadiri Wisuda Angkatan VIII Proflight Pilot School

13 Februari 2019   14:30 Diperbarui: 20 Februari 2019   12:25 0 3 3 Mohon Tunggu...
Menghadiri Wisuda Angkatan VIII Proflight Pilot School
pict-5c639efaab12ae01820fcf92.jpg

MENGGAPAI LANGIT

"Tanggung jawab seseorang pilot tidak semata-mata menjadikan langit sebagai tempat yang aman, tetapi lebih dari itu, seorang pilot bertanggung jawab menjadikan langit sebagai tempat yang nyaman sekaligus tempat bersabar.... "
(Kutipan dari salah seorang perwakilan wisudawan/ti)

***

Jumat, 8 Februari 2019, Bertempat di Hotel Holiday Inn, Kemayoran Jakarta Pusat. Proflight Pilot School sukses mewisuda  Angkatan  VIII sebanyak 10 orang wisudawan/ti.

Menjadi salah satu tamu undangan pada acara wisuda tersebut, bagiku itu sesuatu banget , karena ini adalah kali  pertama saya  mengikuti prosesi wisuda sekolah pilot. Meskipun dunia penerbangan tidak asing bagiku .Karena suamiku adalah seorang Aircraft Reliaser Engeneer, namun sekarang tlah   purnabakti dari tempat kerjanya di salah satu perusahaan charter pesawat terbang.

Dalam acara wisuda tersebut dihadiri juga  oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mewakili Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti, Ketua IPI (Ikatan Pilot Indonesia ) Capt. Iwan Setyawan Diyatputra, serta para undangan lainnya.

Prosesi acara wisuda berjalan dengan khidmat. Berawal dari barisan angkatan junior (9)  memberikan penghormatan kepada kakak senior yang akan diwisuda, kemudian sambutan oleh Capt Endro Rastadi,  Principal  dari Proflight Pilot School. 

Dalam sambutannya Capt. Endro Rastadi menyampaikan bahwa kesepuluh wisudawan/ti lulus dengan nilai terbaik..

Setelah sambutan-sambutan dari beberapa perwakilan , kemudian  dilanjutkan dengan penyematan wings oleh orang tua masing-masing wisudawan/ti. Saat prosesi penyematan wings,suasana  haru dan bangga terasa sekali. 

ortu-5c63a11baeebe14d536cd352.jpg
ortu-5c63a11baeebe14d536cd352.jpg
Dari sepuluh wisudawan/ti hanya ada  satu wisudawati perempuan yang  bernama Annisa Diana. Perempuan kelahiran tahun 1997, sedari kecil  sudah bercita-cita menjadi seorang pilot.Suka duka selama mengikuti pembelajaran di Proflight Pilot School menurut Annisa lebih banyak sukanya daripada dukanya. Sukanya antara lain : memiliki teman yang solid, instruktur yang baik , suasana belajar yang asik.. Sedangkan dukanya saat latihan terbang menghadapi  weather jelek dan saat kangen sama keluarga. 

Foto bersama Annisa Diana, salah satu kartini masa depan. Dokpri
Foto bersama Annisa Diana, salah satu kartini masa depan. Dokpri
Karena rasa keinginan tahu saya yang cukup besar terhadap dunia penerbangan, dan mengingat saya memiliki seorang anak lelaki yang masih bersekolah di SMA, siapa tahu setelah lulus nanti .....Tetiba dia ingin melanjutkan pendidikannya di sekolah pilot, minimal saya sudah mempunyai satu referensi sekolah pilot swasta.

***

Selayang Pandang

Proflight Pilot School berdiri tahun 2010, sampai dengan Angkatan - VIII. Proflight Pilot School sudah mewisuda kurang lebih 112 Pilot.

Proflight adalah Sekolah Penerbangan Pertama di Indonesia yang terakreditasi  ISO 9001 : 2008 Quality Management system.

Ada dua lokasi tempat pembelajaran, untuk Ground School atau pendidikan yang berhubungan dengan teori  berada  di Sunter.

Simulator dan lokasi pelatihan penerbangan siswa di homebase Cirebon, Cakrabhuwana Airport, TNI AU Airbase, Cirebon.

Untuk mendukung kelancaran proses latihan terbang, di homebase ada 9 pesawat Cessna, 2 Simulator Redbird (single engine dan multi engine) dan pesawat Multi Engine Seneca V. Serta fasilitas penunjang lannya yaitu satu flight instruktur per pesawat, Ruang Flops, Teknisi in house dan workshop, asrama, kantin dan kendaraan operasional khusus untuk siswa.

Setiap siswa wajib terbang solo, terbang malan dan crosscountry. Jika cuaca bagus, crosscountry Nusawiru Pangandaran satu hari bisa bolak - balik, namun jika cuaca tak bersahabat alias  hujan, terpaksa mereka harus round.

 (ket gbr Batch - 9, sedang terbang crosscountry dan terbang malam)

latihan-terbang-5c658fcb12ae94123826cc6a.jpg
latihan-terbang-5c658fcb12ae94123826cc6a.jpg
Syarat-syarat dan tahapan  menjadi siswa sekolah pilot 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3