Humaniora Pilihan

5 Penyebab Ini Bisa Bikin Kamu Gagal dalam Berbisnis, Koreksi Sekarang!

22 Desember 2017   09:51 Diperbarui: 22 Desember 2017   18:17 652 0 0
5 Penyebab Ini Bisa Bikin Kamu Gagal dalam Berbisnis, Koreksi Sekarang!
linkedin.com


Pada dasarnya semua orang pasti ingin menggapai kesuksesan saat ingin memulai usaha baru, termasuk salah satunya pelaku pembisnis online tanpa modal, namun keinginan tersebutb tidak mudah seperti membalikan telapak tangan.

Untuk membangun sebuah usaha baru tidak hanya mengandalkan modal saja tetapi membutuhkan kegigihan dan kerja keras agar usaha tersebut dapat berdiri atau bisa dibilang berkembang hingga sukses.

Maka tidak heran lagi apabila ada banyak orang yang memulai bisnis baru, dan ketika mengalami kegagalan mereka akan berhenti berusaha, dan bisnis yang tadinya di bangun akan terbengkalai karena adanya rasa depresi saat mengalami kegagalan.

Kalau kamu tidak ingin seperti itu, maka janganlah meremehkan apapun yang bisa membuat kamu jatuh. Nah kalau kamu ingin tahu apa saja penyebab kegagalan dalam berbisnis online, simak saja penjelasa lengkapnya dibawah ini.

1. Konsep Bisnis Tidak Jelas

Kebanyakan orang yang awalnya niat memulai usaha karena tergiur keuntungan saja, mereka tidak berpikir aspek apa untuk kedepannya yang bisa membangun usaha tersebut.

Dalam menjalani usaha baru janganlah memikirkan keuntungan saja, sebab lama-kelamaan bisnis kamu akan mengalami gulung tikar, tentunya rugi sekali, padahal sudah mengeluarkan uang atau modal yang sangat banyak sekali untuk mendirikan bisnis tersebut.

Baca juga 

Dalam menjalani usaha baru janganlah memikirkan keuntungan saja, sebab lama-kelamaan bisnis kamu akan mengalami gulung tikar, tentunya rugi sekali, padahal sudah mengeluarkan uang atau modal yang sangat banyak sekali untuk mendirikan bisnis tersebut.

Jadi untuk solusinya cukup mudah, mulai sekarang hilangkanlah pola pikir seperti itu, mulailah berpikir "bagaimana supaya bismis ini bisa bertahan lama ?"

Cara sederhanaya untuk mengatasi kegagalan dalam berbisnis yaitu mulai mencatat hal apa saja yang akan kemungkinan terjadi di masa yang datang, biasanya kamu dapat mencatat segala resiko dan keuntungan dalam produk tersebut.

Apabila kamu memiliki keahlian memasak, maka manfaatkanlah keahlian tersebut. Caranya dengan membuka usaha kuliner atau bisnis kuliner, dengan membuka usaha seperti ini kamu akan mendapatkan untung yang sangat banyak.

2. Modal Tidak Mencukupi

Tidak disarankan sekali untuk membuka usaha dengan terburu-buru sebab kamu tidak adanya planning modal yang dicukupi, maka jangan heran bila banyak orang yang membuka usahanya dengan modal yang minimum.

Pemikiran seperti itu harus dihilangkan, karena banyak orang merasa bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dalam waktu singkat.

Padahal tidak demikian, karena pembisnis yang selalu memikirkan untung tidak akan menunjunkkan tanda tanda yang bisa mengembalikkan modal apalagi keuntungan yang sangat besar.

Langkah instant yang mereka ambil jika memikirkan seperti itu adalah menghentikan usahanya, sebab tidak memiliki keuntungan atau bisa juda dikatakan telah kehabisan modal.

Jalan keluar yang mereka ambil jika kehabisan modal adalah meminjam pinjangan uang di bank, tentunya hal ini akan menambah masalah atau tanggungan dalam memilai usaha baru.

Nah, apabila kamu ingin memulai bisnis baru alangkah lebih baiknya tentukanlah modal yang dapat dikeluarkan, kemudian bukalah usaha kecil-kecilan. Jika sudah berkembang maka kamu bisa membangun usaha tersebut lebih besar lagi.

3. Lokasi Usaha Tidak Strategis

Kesalahan seperti ini masih sering terjadi pada kalangan pengusaha, jika kamu salah dalam memilih lokasi usaha maka jangan heran bila bisnis kamu tidak dapat berkembang pesat.

Yang menentukan faktor utama dalam kesuksesan berbisnis adalah menentukan lokasi usaja yang strategis, jadi mulai sekarang kamu dapat menentukan lokasi usaha yang cocok dengan penjualan produk kamu.

Biaanya lokasi usaha yang strategis yaitu dipengaruhi oleh kepadatan penduduk, apabila penduduk di lokasi tersebut ramai, maka cocok sekali untuk membangun bisnis baru. Jadi intinya janganlah terbawa nafsu untuk menentukan tempat usaha, alangkah baik lakukanlah riset atau survey pasar terlebih dahulu.

4. Produk Tidak Ada Peminatnya

Salah satu penyebab kegagalan dalam memulai usaha baru adalah kurangnya peminat produk kamu, jadi saat ini banyak orang yang mendirikan usahanya hanya karena idealismenya saja.

Padahal dalam mendirika usaha harus ada kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk terbaru, tapi "kenapa penjualan saya tidak pernah laku di pasaran, padahal dengan adanya kreatif akan membangun keberlangsungan usaha.

Namun dalam penciptaan produk yang kreatif dan inovatif, kamu harus bisa membuat target pasar dapat menerima produk kamu, terutama dalam masyarakat luas. Jika produk kamu dapar disesuaikan terhadap masyarakat luas maka jangan heran apabila omzet bisnis bisa meledak

5. Strategi Pemasaran Tidak Efektif

Pembisnis pemula sering melupakan pemasaran, padahal mahketing sangat penting sekali untuk membangun nama brand bisnis kamu agar dapat dikenali masyarakat luas.

Jangan anggap sepele terhadap pemasaran, poin penting dalam marteting yaitu bertujuan untuk mengembangkan nama atau brand produk supaya bisa dijangkau semua orang

Misalnya kamu menjual baju, maka langkah marketing yang harus kamu lakukan yaitu memulai strategi pemasaran online.

Itulah penyebab bisnis kamu gagal, semoga penjelasan ini dapat di pahami pembaca