Mohon tunggu...
Kesehatan

Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat agar Wajah Bebas Jerawat

15 Maret 2019   16:04 Diperbarui: 15 Maret 2019   16:41 44 1 0 Mohon Tunggu...
Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat agar Wajah Bebas Jerawat
https://www.dublincityfm.ie

Memiliki jerawat di wajah memang tidak nyaman. Belum lagi bekas jerawat yang dapat membuat kulit kita kusam dan cerah. Tidak heran jika banyak yang akan berusaha melakukan berbagai cara untuk membuat wajah bebas dari jerawat. Penyebab jerawat beragam, tidak hanya karena bakteri penyebab jerawat saja, jerawat bisa saja muncul karena hormon, pemakaian produk kecantikan yang tidak cocok, ataupun karena makan makanan yang tidak sehat.


Untuk itu, jika kamu ingin memiliki wajah yang bebas jerawat, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang sehat. Lalu, apa sajakah makanan sehat agar wajah bebas jerawat yang sebaiknya kamu konsumsi? Simak penjelasannya di bawah ini. Jika makan makanan yang sehat, kamu akan bisa mencegah munculnya jerawat di wajah kamu. Berikut ini adalah makanan sehat yang harus kamu konsumsi jika mau wajah kamu mulus dan bebas dari masalah jerawat yang bisa membuat rasa percaya diri turun.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung berbagai zat yang baik untuk kesehatan kulit seperti vitamin E, magnesium, kalium, mangan, selenium, bahkan zat besi. Jika kebutuhan zat di atas terpenuhi otomatis jerawat juga enggan muncul di wajah kamu.

2. Ikan

Makanan selanjutnya adalah ikan. Ikan merupakan salah satu sumber protein yang juga nutrisi paling dibutuhkan untuk tubuh terutama untuk kesehatan kulit. Berbagai jenis ikan berminyak seperti sarden, makarel, salmon, maupun tuna dikenal sebagai jenis ikan yang bagus untuk dikonsumsi. Ikan juga mengandung omega-3 dan omega-6 yang dapat mencegah terjaidnya peradangan yang merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat.

3. Brokoli

Tidak heran kenapa kita harus mengonsumsi nutrisi yang seimbang demi kesehatan tubuh. Karena jika ingin bebas dari jerawat, kamu juga harus menjaga kesehatan kulit kamu. Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat seperti brokoli yang mengandung vitamin lengkap mulai dari vitamin A sampai vitamin K semuanya ada di brokoli. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit.

4. Bawang putih

Tak hanya bisa digunakan untuk menyedapkan makanan, bawang putih ternyata ampuh lho untuk membuat wajah bebas dari gangguan jerawat. Dalam bawang putih terdapat allicin, yaitu zat kimia alami yang berfungsi sebagai antivirus, anti jamur, maupun antimikrobia yang akan mencegah munculnya jerawat. Lagipula, bawang putih ini memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan organ tubuh lainnya, seperti jantung lainnya.

5. Buah anggur merah

Untuk kategori buah-buahan, anggur merah merupakan makanan sehat yang bisa kamu konsumsi jika ingin bebas dari jerawat. Selain memiliki kandungan antioksidan, buah anggur merah juga dapat mengatasi alergi yang mungkin terjadi pada kulit. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa antioksidan dapat mencegah peradangan pada kulit yang dapat menyebabkan jerawat.

6. Alpukat

Buah yang satu ini juga bagus untuk kesehatan kulit karena kaya akan vitamin E. Jika rutin mengonsumsi alpukat, kelembapan kulit kamu akan terjaga.

Itu dia beberapa makanan yang sehat yang harus kamu konsumsi jika ingin kulit wajah kamu bebas dari gangguan jerawat. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, cara menghilangkan jerawat dapat kamu lakukan dengan menjaga kebersihan kulit kamu.

Karena salah satu penyebab munculnya jerawat adalah menumpuknya kotoran dalam yang akhirnya menutup pori-pori. Jika tidak segera dibersihkan, kotoron dan debu yang menempel di wajah ini akan menyebabkan jerawat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x