Mohon tunggu...
Marius Gunawan
Marius Gunawan Mohon Tunggu... Profesional

Tulisan sebagai keber-ada-an diri dan ekspresi hati

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Artikel Utama

Menang atau Kalah di MK, Sandiaga Tak Masalah

16 Juni 2019   11:13 Diperbarui: 19 Juni 2019   01:13 0 7 4 Mohon Tunggu...
Menang atau Kalah di MK, Sandiaga Tak Masalah
3830963043-5d05c0dbea4d960a0d5e9c17.jpg

Sumber gambar: Kompas.com

Pada saat anda berperkara pastilah harus ada sikap optimis untuk dapat memenangkan perkara itu. Jika tidak, maka hal itu tentu hanya akan menghabiskan waktu dan biaya yang sia-sia saja. Namun ada sikap berbeda yang ditunjukkan oleh Sandiaga Uno. Nampaknya dia kurang antusias dengan optimisme kemenangan dalam perkara Pilpres di MK.

Ia mengatakan, gugatan tersebut bukan hanya mempersoalkan pihak yang menang dan kalah, tetapi bertujuan untuk menghadirkan peran negara di bidang hukum secara berkeadilan.

"Bagi kami Prabowo-Sandi, ini ikhtiar bukan soal menang kalah, bukan soal Prabowo dan Sandi. Tapi kami sedang memperjuangkan sendi-sendi dalam bernegara," ujar Sandi di kediamannya, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Pernyataannya ini sangat standar sebagai pihak yang sedang berperkara. Ada kesan secara diplomatis dia mau menutupi kepasrahannya pada usaha untuk memenangkan sengketa Pilpres ini.

Sebenarnya sikap Sandi ini sudah terbaca pada saat hasil quick count semua lembaga survei independen menyatakan bahwa Jokowi-Amin memenangkan Pilpres ini.

Hal itu dia tunjukkan dengan tidak hadir pada saat Prabowo memproklamirkan kemenangan berdasarkan hasil hitungan tim internal mereka. Memang kemudian diklarifikasi bahwa ketidakhadirannya itu karena tiba-tiba ada serangan mendadak sakit "cegukan" akut. Bahkan setelah itu dia sampai harus memeriksa diri ke dokter karena kesehatannya terganggu.

Sandi baru ikut dalam pernyataan kemenangan Prabowo setelah dilakukan untuk ketiga kalinya. Namun saat itu juga terlihat dia tidak semangat, bahkan cenderung lesu.

Sumber: Liputan6.com
Sumber: Liputan6.com

Memang setelah itu Sandi coba ikut dalam arus klaim kemenangan tim Prabowo. Tapi, lagi-lagi dia bersikap "biasa-biasa" saja. Hal itu sangat bertolak belakang dengan ketika dirinya dan Anies mengetahui hasil quick count yang memenangkan mereka. Saat itu dia sampai menangis bahagia di pundak Anies.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2