Mohon tunggu...
Mario Amarya
Mario Amarya Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Saya hobi menulis dan saat ini sedang mencari pekerjaan tetap yang berhubungin dengan menulis dan menerjemahkan.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Banyoe Angkringan Salatiga: Angkringan Dengan Pemandangan Terindah & Terbaik

10 Mei 2024   08:39 Diperbarui: 10 Mei 2024   08:41 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Banyoe Angkringan, warung makan kekinian yang menghadirkan pemandangan terindah di Salatiga. Sumber: google (Yati Kurniawati)

Jika kalian yang suka berkunjung dan singgah di kota Salatiga, baik yang dari luar kota maupun yang dari luar Jawa, pasti selalu kagum dengan kota di bawah kaki Gunung Merbabu ini. Kota yang juga dikenal dengan Kota Toleran ini memang menghadirkan banyak sekali kenangan dan kesan terindah bagi pengunjungnya. Selain terdapat banyak tempat yang bisa untuk disinggahi dan juga terdapat beberapa destinasi wisata, kota Salatiga juga terkenal dengan kulinernya yang enak dan beragam. Banyak sekali warung makan,resto, dan angkringan kekinian yang terdapat di berbagai sudut kota dan di berbagai daerah yang menggoda dan menyajikan makanan dan minuman yang lezat. 

Berbicara soal kuliner Salatiga nih, ada salah satu angkringan kekinian di Salatiga yang wajib kalian kunjungi bagi kalian yang singgah di kota Salatiga ataupun yang sering mampir ke Kota Salatiga. Namanya adalah Banyoe Angkringan. Di angkringan ini, kalian tidak hanya sekedar menyantap makanan, namun juga bisa menikmati indahnya pemandangan sawah dan gunung yang disajikan di Banyoe Angkringan ini.

Banyoe Angkringan yang terlihat di bagian atas. Sumber: Google (akuini siapa)
Banyoe Angkringan yang terlihat di bagian atas. Sumber: Google (akuini siapa)
Lokasi & profil singkat

Banyoe Angkringan di malam hari. Sumber: Google (Hendril Heriul Riza)
Banyoe Angkringan di malam hari. Sumber: Google (Hendril Heriul Riza)
Banyo Angkringan ini berlokasi di Jln. H. Ilyas No. 23, Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Atau lebih tepatnya berada di belokan lampu lalu lintas Jalan Lingkar Salatiga (JLS atau JB) bagi yang ingin melalui jalur ini. Jika lewat jalur yang sebelah kanan lampu lalu lintas, lokasi Angkringan ini berada di tepat persis saat kalian belok kiri sebelum lampu lalu lintas. Lahan parkirannya juga cukup luas dan penataan parkirnya juga rapi. Dan berbicara mengenai kapan Banyoe Angkringan ini mulai beroperasi, angkringan ini didirikan pada tanggal 22 Desember 2022. 

Jadi, sudah sekitar 1, 5 tahun Angkringan ini berdiri. Banyoe Angkringan mengusung model prasmanan, jadi bagi yang berkunjung dan tiba di sini tidak usah ragu-ragu untuk memesan makanan. langsung tinggal memilih makanan dan minuman mana yang akan disantap dan kemudian sebelum disantap diserahkan dulu ke meja kasir. Harga makanan dan minuman di Banyoe Angkringan sangat murah meriah, dimulai dari Rp. 3000 hingga Rp. 4000-an. 

Jadi, kalian bisa ambil makanan sesuai selera dan sesuka hati kalian. Hehehe. Jika sudah mengambil makanan, kalian bebas memilih tempat duduk dan meja makan, bisa di bagian bawah atau di bagian atas. Disini, seperti yang sudah saya sampaikan di awal, kalian tidak hanya akan disuguhkan oleh makanan dan minuman yang lezat, namun juga disuguhkan dengan pemandangan sawah yang indah serta Gunung Merbabu yang gagah. Jam terbaik untuk berkunjung di Banyoe adalah di pagi hari dan malam hari, karena biasanya pagi hari pemandangannya sangat indah dan cantik, serta jika malam hari akan dihiasi lampu yang terang benderang dan suasana pemandangan malam hari yang tenang dan sejuk. 

Beberapa jenis makanan yang ada di Banyoe Angkringan. Sumber: Google (Yanika Yanika)
Beberapa jenis makanan yang ada di Banyoe Angkringan. Sumber: Google (Yanika Yanika)

Bisa digunakan untuk berbagai kegiatan dan Live Music

Salah satu kegiatan atau acara yang diselenggarakan di Banyoe Angkringan. Dokumentasi Pribadi
Salah satu kegiatan atau acara yang diselenggarakan di Banyoe Angkringan. Dokumentasi Pribadi
Selain untuk menikmati makanan dan pemandangan yang indah, Banyoe Angkringan juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menggelar berbagai acara-acara penting, seperti reunian, acara keagamaan, meeting kerja, dan acara ulangtahun. Kegiatan tersebut biasanya dilaksanakan di bagian luar yang berada di pojok utara, yang berada di depan tulisan 'BANYOE'.  Dan sudah banyak sekali yang menggunakan Banyoe Angkringan ini untuk acara-acara besar. Selain itu, Banyoe Angkrinagn juga menyediakan tempat dan fasilitas Live Music. Jadi, jika ada yang ingin menggelar konser mini ataupun sekedar karaoke-an, silahkan saja nyanyi dan luapkan emosi kalian disini. Hehehe. 

Live Music di Banyoe Angkringan. Sumber: google (inoy inoy)
Live Music di Banyoe Angkringan. Sumber: google (inoy inoy)

Itulah sekilas informasi mengenai Banyoe Angkringan Salatiga. Semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun