Media Pilihan

Sejarah Internet dan Perkembangan Media Sosial di Indonesia, Dari Friendster hingga Snapchat

12 September 2018   02:51 Diperbarui: 12 September 2018   03:27 2131 11 5

Segala aktifitas yang kita lakukan pada era digital ini tidak dapat dilepaskan dengan internet atau daring, seperti saat kita melakukan kegiatan chatting melalui aplikasi maka untuk terhubung dengan orang lain kita memerlukan koneksi daring. Pada bagian dalam artikel ini kita akan membahas mengenai sejarah daring di dunia serta perkembangan media sosial secara global dan khususnya Indonesia. Penasaran kan? Yuk! Kita simak.

Sejarah Internet

Menurut Dominik (2009) koneksi internet merupakan suatu sistem dari komputer yang dapat menghubungkan seseorang dari jarak jauh. Koneksi internet dapat disalurkan melalui kabel telephone, kabel fiber optik dan kabel-kabel yang dibangun dengan tujuan tertentu.

Sejarah internet dimulai pada awal tahun 1970 dengan munculnya Automatic Radar Plotting Aids (ARPA) yang merupakan sistem milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Departement of Defense US) yang difokuskan untuk menjaga jaringan komputer terhadap serangan nuklir dikarenakan Pentagon tidak ingin kehilangan data-data dan sistem komunikasi yang dibangun hancur. 

Ketakutan akan kehilangan data-data tersebut membuat para ahli komputer berpikir mengenai desentralisasi semua sistem dengan membuat situs interkoneksi (interconected web of computers) agar semua komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya. Informasi yang terkandung didalam sistem tersebut dinamakan Internet Proctocol Packet yang berisi alamat tujuan komputer lain.

Pada tahun 1990 para insinyur yang berkerja di laboratorium fisika Switzserland membuat sebuah sistem interkoneksi dalam komputer yang dapat menampilkan hypertext, teks dan gambar visual yang dinamakan World Wide Web (WWW) Situs tersebut dimanfaatkan sebagai sumber informasi berbasis elektronik bagi ilmuwan, namun secara cepat dimanfaatkan oleh anggota internet untuk mencari informasi.

Tahun 1993 ditemukanlah sebuah navigasi yang dapat mempermudah pengguna untuk menemukan apa yang ingin mereka cari, browser atau alat peramban yang ditemukan pertama kali ialah Mosaic yang membuat tampilan grafis untuk pengguna yang menyederhanakan navigasi internet yang dapat digunakan untuk mengambil data sesuai kebutuhan dan mengkonfigurasi data yang akan ditampilkan. 

Mosaic Browser
Mosaic Browser
Kemudian pada tahun 1994, Microsoft sebagai perusahaan perangkat lunak terbesar mengeluarkan alat peramban buatan mereka yakni Internet Explorer.

Internet Explorer
Internet Explorer
 Selanjutnya pada tahun 1998, Google merupakan penemuan mesin pencarian pertama yang ditemukan dan memiliki fungsi untuk memindai informasi yang diinginkan para pengguna di internet. Selain itu mesin pencarian yang lain adalah Yahoo! yang sangat berfungsi dalam membatu pengguna untuk menggunakan internet menjadi alat pencari informasi yang berguna

Google.com
Google.com
Yahoo.com
Yahoo.com
Pertengahan tahun 2000 perkembangan internet mulai pesat dan menjadikan internet sebagai easy-to-use software program untuk menunggah konten-konten kedalam internet sehingga pada tahun tersebut banyak bermunculan blog, video sharing sites, social networking sites.

Sejarah Media Sosial di Dunia

Munculnya media jejaring sosial di dunia dimulai dengan munculnya Friendster pada tahun 2002 yang merupakan aplikasi untuk membangun relasi pertemanan dunia maya dengan cakupan yang luas yakni seluruh dunia. Setelah munculnya Friendster, media sosial yang selanjutnya adalah Linkendin sebuah situs yang membagikan pengalaman mengenai dunia bisnis dan pekerjaan yang didirikan pada tahun yang sama.

Friendster Browser
Friendster Browser
Selanjutnya pada tahun 2003 situs MySpace didirikan, berfokus pada orientasi musik sesorang, MySpace menjadi situs jejaring yang dapat digunakan untuk bertukar pesan/chatting, menunggah lagu/video  dan  menyediakan layanan pemasangan genre musik khusus pada halaman profil.

Myspace Browser
Myspace Browser
Pada tahun 2004 muncullah Flickr yakni situs yang memberi ruang penggunannya untuk mengunggah foto-foto dan video yang menarik dan dapat dibagikan kepada anggota di dalam situs tersebut.

Flickr Browser
Flickr Browser
Masih pada tahun yang sama, kemunculan Facebook sebagai media jejaring sosial yang memampukan kita untuk bertukar pesan pribadi maupun grup baik gambar maupun video, dalam Facebook kita juga dapat mengirimkan permintaan teman kepada seluruh pengguna situs tersebut di dunia.

Facebook.com
Facebook.com
Setelah itu, pada tahun 2006 situs jejaring baru kembali muncul yakni Twitter. Situs tersebut merupakan jejaring sosial yang memampukan kita untuk mengikuti (follow) pengguna lain untuk dapat mengikuti postingan yang mereka buat. Situs ini juga memampukan kita untuk menunggah gambar maupun video dan dapat mengirimkan pesan kepada pengguna lain.

Berselang 4 tahun, pada tahun 2010 Instagram muncul sebagai situs jejaring sosial yang memberi fasilitas untuk mengedit foto maupun video lalu mengunggahnya. Interaksi yang dibangun pada situs ini dapat berupa tombol suka (like), kolom komentar dan pengiriman pesan melalui Direct Message (DM)

Instagram Browser
Instagram Browser
Line merupakan situs jejaring sosial selanjutnya yang muncul pada tahun 2011. Berbeda dengan situs jejaring sosial yang lain, line berfokus kepada penggunaan aplikasi untuk saling bertukar pesan. Sistem penambahan pertemanan di Line dapat ditemukan dengan menggunakan sistem add menggunakan username/id. Namun pada situs ini, para pengguna juga diperkenankan untuk menunggah foto maupun video di dalam timeline.

line app
line app

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2