Mohon tunggu...
Maria Olive
Maria Olive Mohon Tunggu... Anak yang suka mengamati permasalahan sosial

Berharap tulisanku bisa bermanfaat untuk banyak orang. Apa yang aku tulis di sini adalah hasil pendapatku sendiri, hasil dari pengamatan aku dan hasil dari kegiatan belajarku. Minat di bidang pendidikan dan sosial. Senang belajar dan mencoba hal baru. Semoga aku bisa terus memotivasi teman-teman semua:) Jangan pernah takut untuk bermimpi! Karena mimpi adalah awal dari kesuksesan untuk dia yang mau berjuang keras.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sesakit Itukah Perjuangan?

26 April 2021   05:20 Diperbarui: 26 April 2021   06:55 74 2 2 Mohon Tunggu...

Semua orang pasti tahu yang namanya perjuangan. Namun, tak sedikit orang yang tidak mau untuk melakukan sebuah perjuangan. Kenapa? Apa alasannya? Kebanyakan berpendapat kalau berjuang itu susah dan melelahkan. Hingga akhirnya hal itu mengakibatkan kita menjadi malas, tidak mau untuk mencoba dan hal itu akan membuat kita tidak berkembang. 

Ingat, kita selamanya tidak akan maju kalau kita tidak berani untuk melangkah. 

Ketika kita melihat ada orang yang sukses, kariernya bagus, dan prestasinya juga banyak pastinya kita akan sangat kagum dengan mereka bukan? Kita melihat titik jaya dari mereka. Namun, terkadang hal itu membuat diri kita menjadi insecure dan muncul anggapan kalau kita tidak bisa sukses seperti mereka. 

"Ah.. Dia mah emang udah jenius dari lahir, IQnya juga udah tinggi dari lahir, pantas saja sangat mudah baginya untuk mencapai kesuksesan," seperti itulah gambaran tanggapan orang-orang dan aku sendiri pun juga pernah berpendapat seperti itu. 

Tapi secara perlahan aku ubah mindset aku. Jadi kita jangan selalu melihat orang lain di titik jaya mereka. Jangan pernah beropini seperti yang aku sebutkan di atas. Kenapa tidak boleh? Karena sesungguhnya kita tidak tau sebenarnya apa yang dialami oleh mereka, apa saja tantangan dan kesulitan yang mereka hadapi selama masih berjuang. 

Mereka semua sampai di titik kesuksesan pastilah mereka mulai dari titik nol. Mereka berjuang dengan penuh semangat, melewati semua rintangan, dan jatuh bangun juga mereka lalui. Mereka tidak pernah lelah apalagi menyerah.  

Lelah, susah, dan bahkan ingin menyerah ketika berjuang memang harus ada. Semua itu bagaikan bumbu yang akan membuat hidup kita semakin terasa. Jangan jadikan lelah dan susah sebagai penghambat kita dalam berjuang. 

Teruslah maju dan jangan dengarkan tanggapan orang lain tentang kita. Biarkan mereka berbicara apapun sepuas hati mereka.  

Kemudian, yang harus kita lakukan adalah terus berproses hingga nantinya kamu akan membungkam ucapan mereka dengan pencapaian kamu. Tunjukkan kepada semua orang kalau kamu bisa. Tapi, tetaplah rendah hati ya. 

Nikmati semua proses yang ada, biarlah Tuhan membentuk kamu dengan rasa sakit itu, dan dengan rasa perih itu. Karena sesungguhnya apa yang kita lakukan di saat ini akan berpengaruh untuk kehidupan yang akan datang. 

Perjuangan ini hanya sementara dan jangan sampai kita menyesal di kemudian hari karena kita tidak melakukan perjuangan di hari ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x