Mohon tunggu...
Maria Fina
Maria Fina Mohon Tunggu... Konsultan - Konsultan HR- Motivator- Blogger - Financial Consultant

Saya memiliki pengalaman penuh di bidang HR dan Financial, Pembicara (Motivator), Trainer, Mental Health, Life Coach Healing Instructor, saya sebagai CEO di Afia consulting yang membantu dibidang Human Resources, juga pengembangan diri, Mindfulness , Karir kerja, dan digital creator, bidang lain sebagai Konsellor expert di Bully id indonesia dan jakarta community dan Sembuh yang mau konsultasi Privat silahkan Klik link https://linktr.ee/Sharingwithfina

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Melepaskan Masa lalu dan Belajar Menikmati Kebahagiaan

11 Februari 2024   15:40 Diperbarui: 11 Februari 2024   15:46 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Memiliki masa lalu kita seperti membawa beban dalam pundak kita, kemana-mana seperti tas ransel berisi batu yang kita bawa dalam kehidupan kita, dan tentunya, hal ini kan membebani diri kita, ketika kita membawanya saat ini, besok dan masa yang akan datang.

Kita tidak mau belajar melepaskannya, kita selalu tidak mau melepaskannya.

Pilihan ketika kita membawa beban masa lalu kita dan kehidupan harus berjalan terus, maka kita harus belajar melepaskannya dan melanjutkan kehidupan kita tanpa membawa beban itu, dan beberapa langkah-langkah ini dapat kita belajar untuk mempertimbangkannya dalam kehidupan kita yaitu :

1. Belajar Mengakui dan Menerima

Setiap emosi yang ada pada diri kita saat ini adalah bentuk emosi dari pengalaman masa lalu hidup kita, kita belajar menerima kehidupan itu dan peristiwa yang pernah terjadi adalah sebuah peristiwa yang membentuk diri kita.

https://www.misslena.sch.id/2023/10/puisi-kasih-tak-sampai.html
https://www.misslena.sch.id/2023/10/puisi-kasih-tak-sampai.html

2. Belajar Merenungkan diri 

Setiap pengalaman hidup baik indah dan buruk pastinya mengajarkan kita sesuatu untuk kehidupan kita.

daripada hanya memikirkan masa lalu dan memikirkan rasa sakit yang pernah ada, penyesalan, kesalahan masa lalu yang pernah kkta lakukan, mulai tanyakan pada diri sendiri apa sich pelajaran yang bisa saya petik untuk saat ini buat saya?

pergeseran pemikiran ini dan cara pandang kita akan membawa kita lebih membangun diri dan mengeksplore diri lebih baik lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun