Mohon tunggu...
Maria Melania Togo Aso
Maria Melania Togo Aso Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Siber Asia

Mahasiswa Universitas Siber Asia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pemberdayaan Pendidikan di Tengah Covid-19 pada Era Industri 4.0

27 Juli 2021   10:00 Diperbarui: 27 Juli 2021   10:31 45 2 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan bisa mengarahkan manusia dari ketidaktahuan menjadi tahu akan segala sesuatu yang ingin dipelajari, Pendidikan juga bisa membuat orang sadar dengan keberadaannya , memanusiakan manusia, memaksa manusia untuk berpikir, berinovasi, dan berkreatif, sehingga Pendidikan sangatlah penting bagi perkembangan hidup manusia di muka bumi ini.

Keinginan manusia untuk berpikir jernih dan berkreasi adalah hal yang manusiawi tidak bisa dibatasi oleh orang lain, sarana dan daya dukungannya adalah Pendidikan yang harus di prioritaskan, supaya daya berpikir itu bisa berkembang dengan efektif.

Jika dalam dunia Pendidikan tidak berjalan dengan baik, maka yang terjadi adalah adanya ketertindasan dan pembungkaman cara berpikir yang hambur adur, daya kritis lemah, juga tindakan manusia yang tidak bisa mengontrol diri, dan yang paling parah adalah manusia tidak bisa mempelajari perkembangan yang terjadi saat ini.

Inilah yang terjadi bagi kaum muda yang sedang berproses dalam dunia Pendidikan

Situasi Pendidikan saat ini mengalami tantangan yang begitu luar biasa beratnya, membutuhkan solusi yang tepat dari pememrintah serta membuat terobosan baru supaya Pendidikan bisa diberdayakan dari situasi ini.

Pendidikan saat ini dengan Pendidikan sebelumnya mengalami perbedaan yang signifikan, Pendidikan sebelumnya berlaku seperti biasa siswa memperoleh pengetahuan di dalam ruangan kelas di suatu lembaga Pendidikan tertentu yang berlaku secara formal.

Namun situasi Pendidikan saat ini mengalami hambur adur, pembelajaran dari rumah tidak evektif, inin berdampak pada sumber daya manusia (SDM) pembelajaran daring ini memang pantas dilakukan, ini satu-satunya Langkah terbaik untuk terus berlanjut dalam aktivitas Pendidikan.

Tetapi Pendidikan nilai atau karakter tidak bisa hanya lewat media saja, harus ada pendampingan yang baik, ini juga sangat penting dilakukan.

Sehingga sarana guru dan orangtua wali luangkan waktu untuk selalu mendampingi dalam saat belajar, juga memperhatikan Pendidikan nilai dan karakter, ini juga sangat dibutuhkan dalam kemajuan suatu bangsa.

Misalnya sekolah yang berada di pelosok-pelosok, ini persoalan yang sangat serius bagi bangsa Indonesia, tuntutan dalam dunia Pendidikan harus ada keadilan dalam sistem Pendidikan supaya tidak ada yang namanya penindasan dalam sistem Pendidikan.

Masih banyak sekolah di Indonesia yang tidak dijangkau oleh jaringan, sehingga proses dalam Pendidikan juga tidak akan berjalan dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN