Mohon tunggu...
Maria Oktaviani
Maria Oktaviani Mohon Tunggu... Namaste

Karyawan Swasta yang senang baca dan nonton film. Menyukai hal-hal berbau budaya, seni dan sastra.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Masih Muda? Yuk Kenali 5 Jenis Investasi Ini Demi Masa Depan yang Lebih Baik

24 November 2017   11:26 Diperbarui: 27 November 2017   10:55 706 1 1 Mohon Tunggu...

Apakah kamu ingat dengan istilah "rajin menabung pangkal kaya" ? Mungkin istilah itu lebih cocok bila kamu masih kecil. Tapi jika kamu sudah beranjak usia 25 hingga 30 tahun, apakah masih zaman menabung?   

Ternyata di zaman sekarang, anak muda tak cuma dituntut untuk melek teknologi tapi juga sudah harus melek yang namanya investasi. Tapi namanya anak muda yang sering galau, pasti akan galau juga untuk memilih memulai investasi darimana. 

Kalau yang pernah saya baca di KOMPAS.COM mengenai tiga pilihan investasi untuk anak muda, saya malah jadi penasaran apakah pilihannya hanya itu saja? Ternyata ada masih banyak lagi jenis investasi yang bisa dipilih oleh anak muda.

Kalau kamu pernah dengar istilah investasi, kamu pasti akan berpikir bahwa kegiatan investasi ini lebih cocok dilakukan oleh orang yang sudah kaya dan banyak uang. Padahal justru inilah saatnya kita yang masih muda melakukan investasi sedari dini untuk menjamin masa depanmu nanti saat sudah tua.

Tidak perlu khawatir dengan modal yang harus dikeluarkan, setelah saya mengulik-ngulik tentang informasi berapa modal investasi minimal yang bisa dikeluarkan dari salah satu marketplace yang saya kunjungi, ternyata kita sudah bisa investasi saham dimulai dari 100 ribu lho, tentunya ini akan sangat cocok bagi karyawan muda. Hal ini ternyata sudah dikonfirmasi oleh Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2016 lalu. 

Ada beberapa pilihan investasi yang harus kita kenali terlebih dahulu dan sebaiknya juga pelajari lebih dalam tentang jenis-jenis investasi ini, karena meskipun sekarang sudah bisa dimulai dengan modal kecil, tapi kita juga harus mengenali resiko-resikonya.

1. Simpan Uang di Deposito

Investasi jenis ini bisa jadi jenis investasi yang paling mudah, resikonya rendah dan aman sebagai tabungan jangka menengah dan investasi jenis ini mirip seperti menabung biasa namun bedanya kali ini kita akan menyimpan uang di bank dalam periode tertentu dan uangnya nanti dapat diambil dalam jangka waktu tertentu juga sesuai kesepakatan, bisa lima bulan atau satu tahun. Apabila periode deposito sudah berakhir, maka uang kita bisa diambil.

2. Investasi Emas

Jenis ini lagi-lagi jenis investasi yang relatif aman dengan margin kerugian yang terbilang kecil karena emas adalah instrumen investasi yang harganya relatif stabil dari waktu ke waktu. Dengan investasi emas ini. Sisihkan sebagian penghasilan untuk membeli emas batangan lalu gadai emasnya jika harga emas sedang naik atau tetap simpan emas untuk dijual kemudian hari. 

3. Bisnis Properti

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN