Mohon tunggu...
Margaretha Harimurti
Margaretha Harimurti Mohon Tunggu... Guru - Belajar dan Berbagi

Seorang Guru yang selalu ingin belajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Koneksi Antar Materi Modul 3.2

24 Oktober 2021   04:12 Diperbarui: 24 Oktober 2021   06:11 103 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar: Koleksi pribadi

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

Sintesis Berbagai Materi

Peran Pendidik Sebagai Pemimpin Pembelajaran  

Peran pendidik sebagai pemimpin pembelajaran. Pemimpin yang tidak hanya mencakup di lingkungan lokal akan tetapi pendidik yang mampu juga memimpin secara global, yang tidak hanya mengelola dan memanage kelas akan tetapi memberikan kontribusi positif terhadap perubahan positif di lingkungan sekolah. 

Pemimpin yang tidak hanya aktif akan tetapi proaktif untuk menggerakkan guru lain untuk bergerak bersinergis menciptakan pembelajaran yang berpusat dan berpihak pada peserta didik dengan memberikan teladan, motivasi dan pendorong kepada peserta didik untuk memiliki ruh Profil pelajar Pancasila. 

Guru Penggerak Mewujudkan Visi dan Misi  Pendidikan

Tujuan Program Guru Penggerak ini yaitu sebagai upaya mempersiapakan pemimpin-pemimpin ekosistem pendidikan Indonesia masa depan, mengarahkan dan menuntun peserta didik untuk tumbuh dan berkembang secara holistic.

Sebagai Guru Penggerak terdapat amanah besar untuk mewujudkan Visi dan misi pendidikan yang berpihak pada peserta didik yang memiliki karakter Pelajar Pancasila. Visi dan misi pendidikan dapat tercapai jika pendidik mampu memaksimalkan segala kekuatan, asset dan potensi yang ada pada anak didik dan sekolah.

Perubahan Paradigma Dalam Pengembangan Komunitas

Sekolah dapat dikatakan sebagai suatu ekosistem karena di sanalah terjadi suatu interaksi dan timbal balik positif antara unsur hidup atau factor biotik dengan unsur tak hidup atau abiotic. Interaksi yang menciptakan keselarasan seluruh elemen yang terdapat di lingkungan ekosistem atau sekolah. Interaksi yang saling membutuhkan dan keterikatan satu sama lainnya, serta saling mempengaruhi.

Seorang Pemimpin yang hebat mampu mengidentifikasi, mengelola, dan memanfaatkan asset/ptensi/kekuatan yang ada di sekolah untuk mendorong tercapainya visi dan misi sekolah untuk menciptakan iklim belajar dan ekosistem pendidikan yang berpusat serta berpihak pada peserta didik merubah cara pandang yaitu menilik dari sisi kekuatan/asset/potensi sebagai sumber daya yang terdapat di lingkungan sekitar akan menciptakan pembelajaran berpihak pada peserta didik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan