Mohon tunggu...
Margaretha Dadin
Margaretha Dadin Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru di SMP Negeri Pruda Kabupaten Sikka

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.3

4 Desember 2022   04:34 Diperbarui: 4 Desember 2022   04:39 421
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh:

MARGARETHA DADIN,S.Pd 

Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri Pruda

Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Sikka-Propinsi NTT

Pada jurnal refleksi dwimingguan kali ini saya akan merefleksikan perjalanan saya dalam mempelajari dan mengikuti pelatihan dan kegiatan pada modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Dalam membuat jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu Model 4F (Fact/Peristiwa, Feeling/Perasaan, Findings/Pembelajaran dan Future/Penerapan) oleh Dr.Roger Greenaway.

1. Fact (Peristiwa)

Pada tanggal 22 November 2022 saya mulai mempelajari modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak. Sebelumnya saya terlebih dahulu mengetahui capaian pembelajaran yang diharapkan, capaian pembelajaran umum dan capaian pembelajaran khusus. Setelah itu, melalui alur Merdeka saya kemudian mulai beraktivitas pada alur Mulai Dari Diri. Disini saya membuat refleksi mandiri sesuai dengan pertanyaan panduan yang ada di LMS. Kemudian dilanjutkan dengan Eksplorasi konsep dimana saya belajar tentang konsep-konsep dasar pembuatan visi melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif dengan melihat kekuatan dan potensi yang dimiliki di sekolah kemudian merumuskan visi dan memembuat pernyataan Prakarsa perubahan melalui tahapan BAGJA dan ATAP. Setelah itu berdiskusi dengan rekan-rekan CGP pada forum komunikasi modul 1.3 di LMS.

Pada tanggal 22 November juga saya dikunjungi oleh pengajar praktik (Ibu Maria Hastuty Lisnawati, S.Pd) untuk pendampingan individu 1. Disini saya digali pemahaman tentang modul yang sudah saya pelajari dan aksi nyata yang saya buat berdasarkan apa yang sudah dipelajari.

Pada tanggal 25 November 2022 semua CGP beserta pengajar praktik dan fasilitator bertemu di ruang kolaborasi secara virtual. Disini CGP dibagi dalam kelompok dan mendiskusikan terkait rumusan visi yang kami sepakati bersama dan kemudian dibuat pernyataan prakarsa perubahan. Dari sini melalui ATAP dan BAGJA kami membuat rencana tindak lanjut. Pada hari yang sama ini juga adalah momen Hari Guru Nasional, saya bersama rekan CGP dari sekolah sama membuat kegiatan berbagi praktik baik pada rekan sejawat terkait program guru penggerak dan apa yang sudah kami dapatkan dan kami buat.

Tanggal 26 November 2022, kami bertemu tatap muka di SMA Frateran Maumere untuk kegiatan Loka Karya 1 CGP Angkatan 7 Kabupaten Sikka-NTT.

Pada tanggal 28 November 2022, kami mempresentasikan hasil diskusi kelompok pada ruang kolaborasi virtual secara berkelompok. Disini kami mendapatkan masukkan dan saran dari rekan-rekan CGP kelompok lain dan juga memberi masukkan pada kelompok lain atas hasil diskusi masing-masing. Kami melanjutkan dengan mengerjakan tugas Demonstrasi kontekstual secara mandiri.

Tanggal 1 Desember 2022 saya mengikuti kegiatan pada alur MERDEKA yakni Elaborasi pemahaman bersama CGP dan instruktur. Disini cukup banyak pemahaman yang saya dapatkan. Setelah itu membuat tugas koneksi antar materi dan juga aksi nyata. Semuanya diiakhir dengan membuat Jurnal Dwimingguan ini sebagai refleksi atas aa yang sudah saya lakukan dan pahami selama dua minggu ini.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun