Mohon tunggu...
Mardiana
Mardiana Mohon Tunggu... Belajar menjadi penulis profesional

Menuangkan segala dibenak menjadi tulisan yang bermanfaat bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

PJJ yang Mulai Membosankan (1)

15 Oktober 2020   01:37 Diperbarui: 15 Oktober 2020   01:41 144 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PJJ yang Mulai Membosankan (1)
Ilustrasi: palapapos.co.id

Hampir empat bulan telah melewati pergantian Tahun Ajaran baru 2020/2021, Dunia pendidikan mengalami perubahan pembelajaran yang luar bisa hebatnya. Proses belajar mengajar yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, menjadi pembelajaran jarak jauh atau yang disingkat dengan kata PJJ.

Covid 19 yang telah menghantui kita, membuat Pemerintah mengambil tindakan untuk menutup Sekolah sementara, dengan alasan mengurangi penyebaran Virus ini. 

Namun, tidak berlaku bagi tenaga Pendidik, mereka diwajibkan datang ke Sekolah untuk absen demi kelancaran Honor yang akan diterima, dan memberikan ilmunya juga.

Pembelajaran jarak jauh, membuat anak-anak menjadi malas. Bukan tanpa alasan, tetapi karena tugas-tugas yang diberikan oleh Guru membuat mereka enggan mengerjakannya lagi.

Materi pelajaran yang diberikan, terkadang memaksa mereka harus memahami walau sulit untuk dimengerti. Rasa bosan yang telah menyelimuti hati dan pikiran mereka, membuat malas itu tercipta dalam diri mereka.

Kejenuhan belajar daring, membuat belajar itu terasa  menoton. Mereka ingin juga ada flash back antara Pendidik dan Pelajar secara langsung. Bukan sekedar pemberian Materi, kemudian dilanjutkan dengan tugas.

Kerinduan akan bangku sekolah, suasana hiruk pikuk di dalam kelas, bahkan moment saat dimarahi Guru karena terlambat masuk ke kelas atau karena bolos sekolah, semua itu hanya hayalan belaka.

Pembelajaran jarak jauh, banyak juga membuat siswa hanya sekedar mengisi absen, ataupun mengumpulkan tugas demi sebuah nilai. Tetapi untuk kecapaian sebuah materi masih banyak yang tak mengerti.

Rasa bosan itu bukan Siswa saja, Guru pun demikian

Seorang Guru yang selalu setia ditemani spidol dan papan tulis saat pemberian materi, namun untuk saat ini tak berlaku lagi. Gadget yang paling setia saat penyampaian materi berlangsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN