Mohon tunggu...
Marcko Ferdian
Marcko Ferdian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pencinta Monokrom dan Choir

Love what you have || Kompasianer pemula

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Menuju Masa Depan Transportasi yang Aman: Mengenal Sistem Persinyalan Kereta Api dan CTC

17 Februari 2024   22:21 Diperbarui: 20 Februari 2024   15:34 611
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Sistem Persinyalan Kereta Api. (Foto: KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu)

Keamanan sistem perkeretaapian tidak dapat diabaikan. Kereta api seringkali menjadi alat transportasi utama masyarakat di banyak negara, baik untuk perjalanan jarak jauh maupun jarak pendek. 

Oleh karena itu, keselamatan sistem perkeretaapian tidak hanya berdampak pada masyarakat yang menggunakan layanan ini tetapi juga seluruh infrastruktur transportasi suatu negara.

Kereta api dengan kecepatan dan bobotnya yang tinggi, diperlukan sistem yang sangat andal untuk memastikan bahwa setiap perjalanan berjalan lancar di tempat yang benar-benar aman. 

Keselamatan tidak hanya berarti menghindari kecelakaan serius tetapi juga mencakup aspek-aspek lain seperti mencegah tabrakan, kecelakaan di perlintasan kereta api dan memastikan bahwa setiap aspek pengoperasian kereta api dilakukan sesuai dengan standar keselamatan yang telah ditetapkan.

Kecelakaan kereta api dapat berakibat fatal dampaknya, baik terhadap manusia maupun lingkungan. Hampir setiap tahun di dunia terjadi ribuan kecelakaan yang menyebabkan kematian dan luka berat. 

Beberapa masalah yang umumnya terkait dengan kecelakaan kereta api antara lain kesalahan manusia, kerusakan peralatan, dan masalah infrastruktur.

Evolusi Teknologi dalam Sistem Persinyalan Kereta Api

Sistem persinyalan kereta api adalah salah satu komponen infrastruktur kereta api yang paling penting untuk mengatur pergerakan kereta api dan mencegah tabrakan dan kecelakaan di rel. 

Salah satu fungsi utama sistem persinyalan adalah memberikan sinyal untuk mengedukasi masinis tentang kondisi lintasan di depannya, termasuk apakah lintasan tersebut aman atau tidak. 

Selain itu, sistem persinyalan juga dapat memperingatkan keberadaan kereta api lain pada jalur yang sama sehingga masinis kereta api dapat mengambil tindakan tepat untuk menghindari tabrakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun