Mohon tunggu...
Marcko Wirajaya
Marcko Wirajaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Ciputra

Penggemar game, anime, dan manga.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mau Memulai Karir Digital Marketing tapi Baru Mulai? Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Pelajari!

19 Desember 2022   14:42 Diperbarui: 22 Desember 2022   09:25 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
diambil dari course.net

Digital marketing merupakan salah satu pekerjaan yang sangat populer saat ini. Akan tetapi masih banyak yang bingung tentang apa yang harus dipelajari untuk memulai. Maka dari itu mari kita simak bersama-sama apa yang baik dipelajari seorang pemula!

Digital marketing sudah menjadi salah satu jenis pekerjaan yang memiliki gaji tertinggi dengan benefit yang sangat banyak. Selain itu orang yang yang ahli dalam melakukan digital marketing juga bisa untuk bekerja untuk dirinya sendiri karena dengan digital marketing bahkan hobi pun bisa dijadikan uang. Ini membuat banyak sekali orang apalagi dari kalangan anak muda yang ingin menjadi digital marketer. Nah terus kalau baru mulai apa sih yang harus dipelajari?

Copywriting

Kalau namanya digital marketing pasti tidak lepas dari copywriting. Apa sih copywriting itu? Copywriting merupakan teknik yang menulis dengan efektif untuk membuat audiens tertarik dengan produk, jasa, ataupun konten yang ditawarkan.

Copywriting yang baik adalah tulisan yang singkat, padat, mudah dibaca, dan memiliki pesan yang jelas. Untuk membuat copywriting menjadi lebih menarik teman-teman bisa menggunakan kaidah AIDA atau Awareness, Interest, Desire, dan Action.

  • Awareness

Attention sangatlah penting karena orang jaman sekarang itu attention span-nya sangatlah pendek. Untuk tulisan seringkali mereka hanya akan membaca paragraph pertama saja sedangkan untuk video biasanya Cuma 5-30 detik pertama. Oleh karena itu kamu harus bisa untuk membuat paragraph pertama yang bisa menarik perhatian pembacamu dan membuat mereka membaca seluruhnya.

Nah bagaimana caranya? Di pagraph pembuka kamu bisa menaruh informasi yang menarik tapi tidak kamu jelaskan sepenuhnya. Misalnya kamu menulis tentang "bagaimana cara untuk bekerja di Apple?", kamu bisa memulai dengan menulis "Apple adalah salah satu tempat pekerjaan impian banyak orang. Ini karena benefitnya yang banyak, jam kerja yang fleksibel, dan gaji yang mencapa miliaran. Saat ini Apple sedang membuka peluang untuk pekerjaan di Indonesia, yang berarti kamu juga punya kesempatan untuk bekerja di Apple. Yuk kita pelajari bersama!".

  • Interest

Setelah kamu berhasil mendapat perhatian dari pembaca sekarang kamu harus mempertahankan mereka. Di bagian ini kamu akan menuliskan isi dari konten yang kamu buat. Isi haruslah menarik dan membuat mereka tetap mengonsumsi konten yang sudah kamu buat. Bagian interest merupakan bagian yang jauh lebih sulit daripada awareness jadi kamu harus banyak berlatih.

  • Desire

Jika audiens sudah berhasil melalui bagian interest itu artinya mereka sudah mulai tertarik dengan kontenmu, brand mu, dll. Jadi di bagian ini kamu harus menjelaskan keuntungan dari brand, jasa, produk, atau konten yang kamu tawarkan. Tentu saja tetap harus berhubungan dengan topik yang sedang dibahas.

  • Action

Terakhir adalah action. Pada dasarnya kamu harus bisa mengajak audiens untuk mengikuti kamu, membeli produkmu, atau lainnya. Pada dasarnya kamu harus melakukan call to action.

Graphic Design

Untuk graphic design sama dengan copywriting. Kamu harus mahir dengan menggunakan kaidah AIDA. Jadi apapun design yang kamu buat harus memiliki Awareness, Interest, Desire, Action. Contohnya:

Dikutip dari: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:I_want_you.jpg
Dikutip dari: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:I_want_you.jpg

Pada gambar di atas Awareness adalah gambar orang menunjuk ke arah mu dan YOU yang ukurannya lebih besar dari huruf lainnya dan juga di highlight lebih terang. Ini merupakan bagian paling mencolok dari gambar dan membuat tertarik melihat gambar.

Kemudian bagi interest adalah I WANT YOU FOR U.S. ARMY ini adalah bagian dimana gambar menunjukan tujuan dari graphic design tersebut. Mereka ingin pembaca bergabung ke U.S. Army. Selain itu U.S. Army juga menunjukan Desire.

Terakhir ada Nearest Recruiting Station. Ini merupakan bagian Action. Kalau pelihat gambar ingin bergabung mereka bisa pergi ke stasiun rekrut terdekat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun