Mohon tunggu...
Marcel Jordi
Marcel Jordi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Senang menulis, berpendapat dan berbagi informasi mengenai berbagai hal

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Tersembunyinya Obat-obat Tradisional Indonesia

30 November 2022   18:14 Diperbarui: 30 November 2022   18:21 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Obat Tradisional (Sumber: https://unsplash.com/@anniespratt)

Mungkin kita masih teringat dengan tanaman kayu bajakah yang dipercaya dapat menyembuhkan kanker dan penelitian terhadap bajakah mendapatkan penghargaan internasional pada tahun 2019. Obat tersebut dulu hanya digunakan oleh masyarakat Kalimantan dan untuk mencari tanaman yang asli perlu masuk kehutan karena tidak dapat dikembangbiakan dalam bentuk perkebunan seperti tanaman - tanaman obat yang lain.

DItemukannya tanaman obat yang bermanfaat ini memiliki kesamaan dengan yang terjadi di Tiongkok dimana obat tradisional yang dipercaya oleh masyarakat untuk mengobat sakit panas sejak abad ke-4 ternyata mampu untuk membantu menangani penyakit malaria setelah diteliti oleh peneliti medis moderen.

Melihat salah satu obat tradisional Indonesia yang berkhasiat sebagai bahan membantu pengobatan kanker berikut ini beberapa obat tradisional Indonesia yang dipercaya dapat membantu mengobati masalah kesehatan lain:

1. Minyak Ular

Obat balur yang biasa digunakan untuk membantu pengobatan luka bakar, luka potong, memar, iritasi dan gatal - gatal. Obat ini dibuat dengan cara memanaskan lemak ular sampai keluar minyaknya.

2. Minyak Urut Cimande

Obat balur yang terkenal biasa untuk membantu ahli - ahli patah tulang dan urut ini dipercaya mampu untuk membantu penyembuhan patah tulang dan terkilir. Obat ini banyak yang menjualnya tetapi menurut para praktisi yang sudah terkenal, banyak orang yang menjual minyak palsu dan bukan berasal dari Desa Cimande.

3. Pasak Bumi

Obat minum yang berasal dari tanaman pasak bumi merupakan obat yang dipercaya membantu kejantanan pria. Tanaman ini tumbuh di pulau Sumatera, Kalimantan dan Semenanjung Malaya. Dari semua wilayah tersebut tanaman ini dipercaya membantu kejantanan pria dan sudah diteliti secara medis memang dinilai mampu meningkatkan stamina.

Dapat dilihat bahwa mungkin sebenarnya masih banyak obat - obat lain yang mampu untuk membantu pengobatan berbagai penyakit tetapi banyak disangsikan dan tidak banyak diketahui karena merupakan obat yang berasal dari kepercayaan turun temurun dan tidak diteliti secara medis. Kita bisa mendorong untuk adanya penelitian pengobatan menggunakan bahan - bahan atau obat tradisional yang dipercaya masyarakat secara medis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun