Mohon tunggu...
Afifuddin lubis
Afifuddin lubis Mohon Tunggu... Pensiunan PNS -

Selalulah belajar dari siapapun

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih Pilihan

[Pilkada 2018] Laporan Langsung dari TPS 013 Medan, Pemilih Masih Sepi

27 Juni 2018   11:35 Diperbarui: 27 Juni 2018   11:54 791
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saya berada di TPS XIII ,Rabu 27 Juni 2018,pukul 10.30 WIB.Dok Pribadi

Saya barusan menggunakan hak pilih di TPS ( Tempat Pemungutan Suara) 013 Kelurahan Pulo Brayan Darat II Kecamatan Medan Timur Kota Medan.
Saya tiba di TPS sekitar pukul 10.30 WIB.Ketika berangkat dari rumah menuju TPS saya membayangkan sudah banyak pemilih yang duduk di kursi yang disiapkan penyelenggara menunggu antrean untuk mencoblos.

Tetapi sampai disana tidak terlihat ada pemilih yang ngantri.Saya dipersilakan masuk ke lokasi dan mendaptar pada pintu masuk.Sesudah menunjukkan C6 saya menuju meja berikutnya dan diberikan surat suara yang masih terlipat.Kemudian saya beranjak ke bilik suara dan membuka surat suara tersebut.Pada surat suara ada dua gambar pasangan calon ,yaitu pasangan nomor urut satu ,Edy Rahmayadi- Musa Rajekhsah dan nomor urut dua ,Djarot- Sihar.Saya meletakkan surat suara itu pada busa yang disiapkan penyelenggara diatas meja.Kemudian dengan alat coblos yang tersedia saya mencoblos pilihan saya.

Selanjutnya surat suara saya lipat dan bergerak ke kotak suara serta memasukkan surat suara itu ke kotak suara.Sembari mau keluar lokasi TPS saya mencelupkan jari kelingking sebelah kiri ke tinta yang sudah disiapkan .Keseluruhan proses saya di TPS itu hanya sekitar satu menit.

Melihat sepinya TPS itu saya bertanya ke petugas yang ada .Menurut keterangan petugas Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) pada TPS itu 467 orang dan sampai pukul 10.30 WIB itu ,pemilih yang menggunakan hak pilihnya baru sekitar  153 orang atau masih pada kisaran 30 persen.

Mengingat batas akhir pemberian suara di  TPS hanya sampai pukul 13.00 maka saya agak khawatir apakah partisipasi pemilih masih rendah seperti pada Pilgubsu 2013 yang hanya mencapai angka 48 persen.

Karenanya saya menghubungi beberapa teman teman melalui HP.Dari 5 teman yang saya hubungi memberitahu pada TPS tempat mereka mencoblos juga sepi artinya yang menggunakan hak pilih baru pada kisaran 30 persen juga.

Saya memang belum dapat gambaran apakah menjelang akhir pencoblosan nanti jumlah pemilih semakin banyak yang datang atau justru sebaliknya.
Tentu saya mulai berpikir kalau benar lah nanti jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya masih rendah tentu layak dibuatkan analisis tentang hal ini.Terlebih lebih seperti yang diutarakan diatas pada Pilgubsu tahun 2013  tingkat pemilih di Sumatera Utara terendah di seluruh Indonesia.

Demikian dahulu laporan singkat ini disampaikan dan saya mau keliling melihat TPS lainnya di Medan

Salam Pilkada!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun