Mohon tunggu...
Mara Kartika
Mara Kartika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mara Kartika

Mara Kartika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Tim Abdimas Unsika Ciptakan Teknologi Hybrid untuk Penerangan di Pesisir Pantai Ciparagejaya

7 Desember 2021   19:58 Diperbarui: 7 Desember 2021   20:03 92 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kewajiban dosen pada perguruan tinggi adalah melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, yaitu Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat, perguruan tinggi Unsika tahun ini mengadakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat di desa ciparage dengan tajuk "Impelementasi Hybrid Teknologi Kinetik Turbin Angin dan Solar Cell Sebagai Penunjang Kebutuhan Energi di Pantai Ciparage jaya", kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan salah satu tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.

Impelmentasi ini dilakukan dengan menerapkan teknologi hybrid yang diciptakan oleh tim abdimas Unsika yang terdiri dari (1.) H. Jojo Sumarjo, Ir., MT. (2.) Dr. H. Maman Suryaman, M.M.Pd. , dan (3.) Dian Budhi Santoso, ST., M.Eng., teknologi ini memadukan kinetik turbin angin dan solar cell, dengan spesifikasi output daya sekitar 1500 wp, diciptakannya teknologi ini bertujuan untuk memberi penerangan jalan pada pesisir pantai desa Ciparage jaya. Dalam pelaksanaan program, tim abdimas dibantu oleh tim KKN Unsika yang dipimpin oleh Alfin Daffa Mubarok.

Cara kerja dari pembangkit ini adalah ketika angin sedang melambat dan kinetik turbin angin tidak dapat berputar, maka panel surya akan melakukan backup sebagai sumber listrik penerangan. Teknologi hybrid ini sudah diterapkan di desa Ciparagejaya. Harapan kedepannya dari diciptakannya teknologi ini adalah dapat memberikan manfaat pada penduduk desa Ciparage jaya, khususnya penerangan pada pesisir pantai Ciparage jaya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan