Mohon tunggu...
Manunal Ahna
Manunal Ahna Mohon Tunggu... Mahasiswa S1 Ilmu Komuniksai Universitas Amikom Yogyakarta

Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Agro Wisata Jolong Pati Menjadi Favorit Wisata Keluarga

24 April 2021   00:08 Diperbarui: 26 April 2021   16:21 50 2 0 Mohon Tunggu...

Agro  Wisata Jolong adalah salah satu diantara objek wisata di Desa Sitiluhur Kecamatan Gombong Kabupaten Pati yang berdiri sejak beberapa tahun lalu. Pengelolaannya ada di bawah PT Perkebunan Nusantara IX."kata Khudori Manager Agro Wisata Jolong". Saat berkunjung di kawasan ini, wisatawan akan disambut dengan tugu cangkir kopi dan pemandangan perkebunan kopi yang terbentang luas yang sudah ada sejak zaman Belanda. Perkebunan tersebut merupakan sentra penghasil kopi di Kabupaten Pati.  

Jika Anda ingin ke Agro Wisata Jolong, jaraknya hanya kira-kira 10 km dari pusat kota Pati dengan naik sepeda motor. Rutenya dari Jalan Tlogowungu arah Gembong sekitar  5 km. Kemudia akan ada tanda penunjuk arah yang mengarahkan ke Agro Wisata Jolong, belok ke arah kiri mengikuti petunjuk. Setelah itu kurang lebih 5 km akan melewati jalan berliku dan tak lama kemudian sampai di tujuan.

Hanya dengan mengeluarkan biaya Rp 15.000 per orang, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan Agro Wisata Jolong. Wisatawan dapat menikmati air terjun Grengengan, Taman Bunga, Taman Keluarga dan rumah pohon yang eksentrik. Agro Wisata Jolong memiliki pemandangan yang asri dan beberapa spot foto yang Intagramable di setiap tempatnya seperti pada beberapa gardu pandang dan tugu-tugu yang ikonik. Dengan konsep yang ramah lingkungan dan menyatu dengan alam, membuat destinasi wisata ini cocok untuk keluarga dan cocok untuk barbagai latar usia. Hal tersebut tentu sangat menyenangkan dan berkesan bisa berjalan-jalan menikmati kebun bersama keluarga.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi pabrik dan tempat penggilingan kopi yang juga telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Disana kamu bisa menikmati secangkir kopi jolong panas sambil duduk dan menikmati pemandangan yang menyegarkan mata.

Di Agro Wisata Jolong juga tersedia wahana outbond seperti flying fox, rumah balon, kolam terapi ikan dan masih banyak lagi. Untuk menikmati wisata ini, wisatawan cukup menambah biaya tambahan Rp 10.000 per orang. Tak hanya itu, di lokasi juga terdapat wisata kuliner khas Pati yang membuat wisatawan semakin betah berwisata di Agro Wisata Jolong.

Selain perkebunan kopi, Agro Wisata Jolong juga memiliki pemandangan deretan pohon buah naga yang terbentang luas yang akan membuat wisatawan terpesona. Berbentuk seperti kaktus, tanaman ini juga memiliki sisi instagrameble yang sangat menarik. Untuk menuju kebun ini, wisatawan cukup beranjak ke Agro Wisata Jolong Pati II. Berada di lereng Gunung Muria, perkebunan buah naga ini sangat memukau terlebih jika pohon sedang berbuah, wisatawan diperbolehkan untuk memtik buahnya secara langsung. Harga per kilogram buah naga di Agro Wisata Jolong II ini menyesuaikan dengan harga buah naga di pasaran. Untuk tiket masuk ke kawasan ini, wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000 per orangnya.

Berwisata di Agro Wisata Jolong membuat para wisatawan betah dan berlama-lama berada disana dengan melihat pemandangan yang sangat hijau dan lautan awan yang sangat indah. Terutama jika dilihat dari gardu pandang yang telahdisediakan oleh pengelola.

Terbukti menurut pengelola, sejauh ini pengunjung berasal dari berbagai daerah, kebanyakan mereka berasal dari kabupaten Pati, Jepara, dan Kudus. Dalam sehari tercatat ada kurang lebih 300 pengunjung setiap hari biasa dan ketika hari lubur kurang lebih bisa mencapai kurang lebih 1.500 pengunjung yang berkunjung di Agro Wisata Jolong.

VIDEO PILIHAN