Mohon tunggu...
MAnugrah NurSatria
MAnugrah NurSatria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi memancing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menghadapi Masa Resesi 2023

7 Desember 2022   17:35 Diperbarui: 7 Desember 2022   17:44 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Resesi adalah keadaan dimana ekonomi dunia mengalami penurunan dan juga bisa menyentuh negatif dalam dua kuartal berturut-turut.Resesi juga terjadi karena pandemi covid 19.Resesi ditandai dengan produksi dan konsumsi yang tidak seimbang dan juga menurunya lapangan pekerjaan yang tersedia. Resesi menyebabkan dampak negatif dalam kehidupan bermasyarakat.tak hanya Indonesia rupanya yang diramalkan akan mengalami resesi.namun juga perekonomian global akan mengalami resesi yaitu pada tahun 2023.

Perekonomian global tengah menghadapi risiko resesi dan hal ini akan menjadi tantangan berat bagi negara seluruh dunia pada 2023, termasuk indonesia. Indonesia diramal akan mengalami resesi  pada tahun 2023.adanya kemungkinan indonesia akan menghadapi resesi pada tahun 2023 itu,masyarakat indonesia tidak perlu risau.karena berbagai komoditi yang dihasilkan bangsa ini sudah cukup menguatkan sektor ekonomi dan menyelamatkan Indonesia dari resesi.Melihat dari sisi pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini pun juga cukup stabil.

Pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses naiknya pendapatan nasional dan pendapatan perkapita suatu negara.Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini juga cukup stabil pada 49,8% pasca pandemi covid.Pertumbuhan ekonomi yang cukup besar ini dipengaruhi adanya peningkatan kinerja ekspor,konsumsi rumah tangga,investasi dan juga konsumsi pemerintah.dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini dapat mengurangi risiko Indonesia resesi pada tahun 2023.kinerja ekspor yang meningkat tadi terutama ada pada sektor ekspor sumber daya alam.

Indonesia sangatlah kaya akan sumber daya alam.Sumber daya alam Indonesia meliputi sumber daya hutan,sumber daya laut,sumber daya batu bara,dumber daya migas dan masih banyak lagi.Dengan adanya sumber daya alam yang melimpah diharapkan Indonesia mampu bertahan di era resesi 2023 nanti.Sumber daya yang sedang moncer saat ini yaitu ada di bidang batu bara dan kelapa sawit.

Di bidang ini yaitu batu bara dan kelapa sawit memang terlihat sangat moncer.hingga saat ini kelapa sawit dan batu bara masih menjadi andalan Indonesia sebagai penghasil devisa.pada tahun 2021 Indonesia mengekspor kelapa sawit hingga 51,3 juta ton dan untuk batu bara hingga 405 juta ton.tujuan utama ekspor kelapa sawit dan batubara Indonesia adalah negara negara eropa dan india.namun walaupun kelapa sawit dan batubara terbilang cukup aman untuk menghadapi krisis ekonomi namun tak hanya dari sektor batu bara dan kelapa sawit,sektor ekspor lain pun cukup membantu.

Sektor lain yang membantu perekonomian Indonesia bangkit adalah di bidang perikanan,yaitu udang dan lobster.Udang dan lobster Indonesia menjadi komoditas utama pada sektor ekspor bidang perikanan.Udang dan lobster asal Indonesia dikenal kualitas terbaik didunia. Indonesia pun menjadi eksportir udang dan lobster terbesar di ASEAN.dengan hal ini Indonesia masih cukup aman dari lubang hitam krisis ekonomi.

Karena hal ini adalah hal yang sangat mengerikan jika terjadi.seperti krisis ekonomi pada 1997-1998 yang menyebabkan rupiah anjlok dan hampir menyentuh Rp.16.000 per dollar AS.

Dengan hal ini pemerintah harus bergerak menyiapkan langkah langkah dengan tepat,guna menyelamatkan indonesia dari lubang hitam krisis ekonomi.diharap masyarakat tidak panik akan krisis ekonomi karena Indonesia juga memiliki 9 sektor stok pangan yang cukup akan sampai tahun depan.

Ssebab saat resesi global dan harga-harga barang meningkat, Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah Redjalam mengatakan stok energi maupun pangan di dalam negeri masih akan tetap tersedia.selain beliau Kepala Badan Pangan Nasional juga mengatakan bahwa Indonesia tidak akan mengalami resesi pangan karena 9 sektor yang masih cukup memenuhi kebutuhan pangan Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun