Mohon tunggu...
Ahmad Saukani
Ahmad Saukani Mohon Tunggu... pensiun bukan lantas berhenti bekerja

pensiun bukan lantas berhenti bekerja

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Atur Pemudik yang Kembali, Anies Sudah Betul

1 Mei 2020   15:18 Diperbarui: 1 Mei 2020   15:35 98 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Atur Pemudik yang Kembali, Anies Sudah Betul
maksa mudik dari kompas.com

Kendati masih ada pelanggaran di sana-sini termasuk yang pulang kampung terlanjur mudik dan yang berniat mudik sampai saat ini masih ada yang berusaha memaksa untuk pulang kampung; Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Jakarta membawa khabar gembira, PSBB boleh dibilang berhasil. Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan adanya penurunan kasus baru setiap harinya. Penurunan atau perlambatan kasus positif Covid-19 di Jakarta disebutkan langsung oleh Doni Monardo Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Senin kemarin (27/4).

Kita semua berharap semoga saja tren keberhasilan PSBB di Jakarta akan ada efek rantai ke seluruh wilayah lainnya di pulau Jawa dan akhirnya juga ke seluruh Indonesia. Untuk mempertahankan keberhasilan tersebut Pemprov DKI akan membuat aturan untuk para pemudik yang dipastikan akan kembali selepas lebaran nanti. Karena diketahui sudah banyak warga Jakarta yang mudik ataupun yang pulang kampung.

Buat para pemudik yang sudah terlanjur pulang kampung meninggalkan Jakarta; jangan harap bisa cepat kembali ke Jakarta sesudah lebaran nanti. Selama corona masih mewabah para pemudik sebaiknya jangan dulu kembali ke Jakarta dipersilahkan tunggu saja dulu di kampung halaman masing-masing.

Pemprov DKI sedang mempersiapkan aturan pembatasan buat para pemudik yang akan kembali. Dengan aturan tersebut akan menjadikan pengetatan terhadap orang yang akan masuk Jakarta setelah lebaran nanti.

Aturan tersebut menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera diterbitkan dan kemungkinan akan mulai berlaku pada awal Mei ini sampai Jakarta dipastikan aman dari pandemi Covid-19.

Ini semua, lagi menurut Gubernur Anies untuk melindungi warga Jakarta dari kemungkinan akan adanya penularan dari kembalinya para pemudik.

Gubernur Anies tidak sendiri. Rencananya melakukan aturan terhadap para pemudik yang akan kembali mendapat dukungan dari DPRD DKI Jakarta.

Sebagai warga Jakarta penulis mengapresiasi kebijakan Gubernur Anies yang akan membuat aturan untuk para pemudik tersebut; yang pastinya cepat atau lambat mereka akan kembali ke Jakarta. Dan bisa dipastikan selepas lebaran nanti akan terjadi gelombang aksi balik ke Jakarta dari para pemudik.

Jangan sampai keberhasilan penerapan PSBB di Jakarta nanti akan ternodai dengan kembalinya para pemudik yang berpotensi membawa penularan. Jangan sampai Jakarta kembali menjadi "zona merah". Kita amat berharap jangan sampai di Jakarta terjadi gelombang kedua penularan virus corona Covid-19. Yang pastinya amat merepotkan banyak pihak.

Yang sudah-sudah biasanya sekembalinya dari mudik warga tidak lagi sendiri atau yang sekeluarga tidak lagi datang hanya keluarganya sendiri, mereka akan dengan membawa serta sanak saudara, karabat, teman atau tetangganya. Kondisi tersebut amat riskan. Dan itulah yang akan diantisipasi oleh Pemprov DKI.

Bagaimana kiranya aturan pembatasan yang akan diterapkan terhadap pemudik yang akan kembali nanti. Tentu harus ada gerak cepat termasuk untuk sosialisasinya dari regulasi tersebut.

.

Sumber bacaan: detik.com

VIDEO PILIHAN