Ahmad Saukani
Ahmad Saukani lainnya

pensiun bukan lantas berhenti bekerja

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Suasana GBK Jelang Asian Games 2018

9 Agustus 2018   13:18 Diperbarui: 10 Agustus 2018   19:40 1125 7 4
Suasana GBK Jelang Asian Games 2018
pintu utama GBK

Tujuh dua puluh. Dua puluh menit bergeser dari rencana semula dengan sepeda motor yang tangkinya nyaris selalu penuh, saya antar Rey ke kawasan Gelora Bung Karno, Senayan.

Dari ujung Palmerah selepas lampu merah bundaran Slipi yang kini sudah tidak bundar lagi, belok kanan naik ke jembatan Jompongan, terus melaju arah jembatan Semanggi tapi sebelum sampai semanggi motor saya arahkan ke jalan Gerbang Pemuda lewat flyover Taman Ria.

Tentang flyover Taman Ria yang menghubungkan kawasan Bendungan dengan Senayan. Itu mengacu taman berbayar yang disebut Taman Ria terletak besebrangan dengan kawasan Jakarta Convention Center  (JCC). Saat ini yang disebut Taman Ria itu sudah tidak ada lagi.Taman Ria, dulu adalah taman tempat muda-mudi Jakarta yang sedang kasmaran memadu kasih.

Adapun Jalan Gerbang Pemuda, kenapa Jalan tersebut disebut Jalan Gebang Pemuda, saya belum tahu, yang jelas disitu bersebrangan dengan Pintu Utara GBK adalah Gedung Studio Pusat TVRI yang bersebelahan dengan Kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga.

gbk street view
gbk street view
Selepas jalan Gerbang Pemuda, belok kiri masuk ke jalan Asia Afrika, kemudian saya hentikan aksi setengah ngebut di pintu gerbang 11 GBK yang persis besebrangan dengan Hotel Mulia. Saya turunkan Rey di Gerbang 11 tersebut. Rey punya urusan yang berkaitan dengan pelaksanaan Asian Games sebagai volunteer.

Urusan Rey ke GBK sebagai volunteer Asian Games sudah saya ceritakan kemarin disini. Ini memang cerita aksi separuh ngebut saya beberapa hari kemarin.

Saya bisa nyaris ngebut selepas bundaran Slipi, jembatan jompongan, jalan Gerbang Pemuda lantaran ruas jalan yang saya lewati tersebut yang biasa kesehariannya macet, lantaran ada aturan ganjil-genap menjadi cukup lancar.

Setelah menurunkan Rey di Gerbang 11 saya tidak minat lagi ngebut. Ngebutnya saya tadi lantaran saya tidak mau Rey datang terlambat. Selanjutnya saya ingin menikmati perjalanan. Seandainya tidak terbebani sepeda motor rasanya saya ingin berjalan kaki saja mengelilingi komplek GBK.

Kawasan GBK kini, setelah selesai penataan tampil menjadi lebih indah, lebih memikat dan lebih ramah termasuk terhadap penyandang defabel.

suasana gbk
suasana gbk
Seperti diketahui tiga provinsi turut dilibatkan untuk perhelatan akbar Asian Games 2018. Selain provinsi DKI Jakarta, Sumatra Selatan dan JawaBarat juga turut dilibatkan.

Untuk Sumatra Selatan pagelaran Asian Games akan dipusatkan di komplek olahraga Jakabaring di kota empek empek Palembang. Sementara untuk Jawa Barat, beberapa stadion di Bekasi dan Bogor akan kebagian menggelar pertandingan sepak bola.

Untuk DKI Jakarta, komplek olah raga GBK adalan salah satu venue yang akan digunakan untuk pelaksanaan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut. Upacara pembukaan pada 18 Agustus 2018 direncakan akan dilaksanakan di Stadion Utama GBK kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut.

suasana gbk
suasana gbk
Untuk itu semua Pemerintah dengan ujung tombaknya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk DKI sebagai salah satu wilayah yang terlibat pelaksanaan Asian Games sudah melakukan perbaikan sarana dan prasana olahraga di kawasan GBK, Senayan.

Satu diantaranya adalah trotoar yang mengelilingi kawasan GBK bukan cuma diperbaiki tapi juga dihias dan dibikin cantik, menarik.

Trotoar dicat dengan warna hijau, abu-abu dan hitam. Ruas berwarna hijau diperuntukan untuk pasepeda, sedangkan ruas berwarna gelap untuk pejalan kaki, masih dilengkapi pula dengan jalur kuning Guding Block untuk pemandu jalan kaum tuna netra.

Dengan perlahan saya menyusuri jalan Asia Afrika, beberapa orang tampak sedang menikmati olah raga pagi dan ada yang cuma duduk santai.

Melintasi gerbang utama sebelah Barat ada di situ tenda Posko Satpol PP yang suasananya tampak santai. Saya terus melaju dan belok kiri ke arah Jalan Pintu 1. Kemudian putar balik di depan kantor INASGOC.

Saya memang tidak sempat mengelilingi keseluruhan komplek GBK, namun suasana yang saya lihat mulai dari Jalan Gebang Pemuda, Jalan Asia Afrika serta Jalan Pintu 1, dimana INASGOC berkantor. Rasanya cukup menggambarkan bagaimana situasi Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) beberapa hari menjelang pembukaan Asian Games 2018.

arah kantor INASGOC | foto dok pribadi
arah kantor INASGOC | foto dok pribadi