Ahmad Saukani
Ahmad Saukani lainnya

pensiun bukan lantas berhenti bekerja

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Aturan Perluasan Ganjil Genap Sudah Makan Korban

1 Agustus 2018   11:53 Diperbarui: 1 Agustus 2018   12:06 315 5 1
Aturan Perluasan Ganjil Genap Sudah Makan Korban
sudah 11 pelanggar kena tilang dari Detik.Com

Buat saudara yang biasa beraktivitas dengan kendaraan pribadi roda empat dan kebetulan kendaraan anda benomor genap, sebaiknya  kandangin saja dulu mobil anda. Sebab hari ini tanggal 1 yang merupakan tanggal ganjil, artinya hari ini adalah jatahnya kendaraan bernomor ganjil meng-aspal. Besok tanggal 2 giliran kendaraan bernomor genap yang meng-aspal.

Pastinya anda sudah tahu lantaran sudah sebulan disosialisasikan, bahwa ada aturan penambahan area nomor kendaraan ganjil-genap selama berlangsung Asian Games. Saya cuma mengingatkan, agar anda tidak sampai kena tilang.

Dan hari ini Rabu 1 Agustus 2018 peraturan perluasan ganjil-genap tersebut resmi diberlakukan. Artinya barangsiapa melanggarnya mulai hari ini Polisi akan menerapkan sangsi tilang

Kalau anda ngotot juga melanggar aturan tersebut, kendaraan anda bernomor genap tapi tetap masuk di area ganjil-genap bukan mustahil ada akan dikenakan sangsi tilang.

Detik.com melaporkan pagi tadi sekitar pukul 8.30 saja di Jalan DI Panjaitan arah Cempaka Putih sudah 11 pelanggar kena tilang. Lumayan besar lho dendanya.

Barang siapa melakukan pelanggaran aturan ganjil-genap akan dikenakan denda maksimal sebesarRp 500 ribu, sesuai aturan yang berlaku dalamUndang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

Agar anda tidak sampai kena tilang seperti pengendara di Cempaka Putih itu saya menganjurkan agar anda beralih keangkutan umum saja, bisa menggunakan taksi atau bus transjakarta. Saya tidak tahu apakah atura nganjil-genap juga berlaku terhadap angkutan umumTaksi termasuk taksi online. Itu adalah permasalahan lain.

Partisipasi anda dengan mematuhi aturan pelat nomor ganjil-genap, selain bisa lolos dari tilang juga sangat bermanfaat demi suksesnya pelaksanaan  Asian Games. Keberhasilan pelaksanaan  Asian Games 2018  yang beberapa hari lagi akan digelar tentunya akan mengangkat nama baik Bangsa dan Negara Indonesia di mata dunia.

Perluasan peraturan pelat nomor ganjil-genap berdampaksangat bagus dengan berkurangnya kemacetan di beberapa ruas jalan. Yang berujung dengan turunnya kadar polusi udara.

Peraturan ganjil-genap yang terbukti berhasil menurunkan kadar polusi udara Jakarta. Dengan demikian akan membuat udara Jakarta semakin segar. Taman-taman yang bertebaran di Jakarta dengan semakin bersih dan segarnya udara, tentunya akan semakin nyaman untuk di eksplorasi.

Dengan adanya dampak positif dari perluasan aturan ganjil-genap, banyak warga masyarakat yang berharap penambahan area ganjil-genap diberlakukan bukan sebatas selama berlangsungnya Asian Games saja, akan tetapi bisa diberlakukan secara permanen, tentu saja setelah dievaluasi, area mana saja yang dilanjut dan area mana yang disudahi.