Mohon tunggu...
MamikSriSupadmi
MamikSriSupadmi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

KaderPosbindu. Pokja dan BinaLingkungan diDesa.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Hadirkan Urap, Kolak, dan Ragam Menu Lain dari Sepetak Kebun ke Meja Makan Tercinta

25 September 2021   15:03 Diperbarui: 25 September 2021   15:09 94 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Bulan ini, Jumat 24 September 2021 status WA teman teman saya banyak mengucapkan selamat hari Tani untuk Petani Indonesia. Rangkaian terimakasih, harapan,semangat dan doa diselipkan disetiap untaian kata ucapan. Pertanda bahwa bidang pertanian sudah pasti menempati hati rakyat Indonesia selama ini. Kalian semua juga sudah mengucapkan? 

Seiring zaman, petani sepertinya lebih kreatif dan memanfaatkan tehnologi penunjang pertanian yang tersedia. Hal ini dapat kita lihat dari munculnya lagi petani petani muda yang sudah tidak malu dan sungkan untuk terjun ke profesi ini. 

Nah, sobat pembaca semua bagaimana kalau kita juga belajar bertani atau minimal berkebun. Yang tidak mempunyai lahan pertanian atau sawah bisa memanfaatkan lahan dibelakang rumah atau sepetak lahan dimana saja yang masih menjadi bagian rumahmu. Kita bertanam sayuran ya..  Hasilnya bisa kita olah sendiri didapur kesayangan.

Bagi pemula yang ingin berkebun memanfaatkan sebidang tanahnya agar lebih bermanfaat bisa mencobanya dengan menanam sayur yang tumbuh dan perawatannya sederhana. 

Kangkung, kacang panjang, waluh (labukuning) , terong dan lombok ijo serta aneka cabe cabean. Kangkung, kacang panjang dan waluh dapat ditanam dengan membeli bijinya di toko pertanian. 

Ada juga yang menyediakan dalam bentuk eceran dengan harga yang sangat terjangkau. Karena berupa biji, menanam ketiga jenis sayuran tersebut juga relatif gampang. Di "ulur" istilah Jawanya atau dibenamkan pada tanah dengan jarak yan teratur. Jangan lupa lahan dibersihkan dan dicangkul merata dulu. 

Disiram air agar tanah dalam keadaan basah atau kalau musim hujan, cukup lahan dibersihkan saja untuk memudahkan menanam benih sayurnya. 

Sedangkan terong dan aneka jenis cabe cabean benih yang sudah tumbuh sedikit atau disebutnya sebagai "dederan" bisa dibeli di toko bibit yang biasanya juga menyediakan aneka bibit buah. Kalau ada lahan yang masih bisa dimanfaatkan sedikit bisa sekalian menanam tomat.

Perawatan pupuk standar untuk sayuran yang kita tanam tadi cukup dengan urea, ZA, kno khusus buah dan sayur dan obat daun beserta obat buah yang juga tersedia ditoko pertanian. Gulma pengganggu yang sering harus kita cabuti biasanya adalah rumput. 

Jangan khawatir, mematikan rumput agar tidak tumbuh mengganggu lagi juga tersedia dalam berbqgai merk dan jenis gulma rumput. Bertanya pada penjualnya, mereka juga akan siap membantu menjawab pertanyaan kita walaupun dilabel obat sudah ada petunjuk dan takarannya. Jadi jangan sungkan menimba ilmu pada penjual yang menyediakan agar hasil tanaman sesuai.

Kurang lebih dua bulan masa tanam sayuran agar siap panen. Menyenangkan sekali pastinya dalam seminggu kita bisa memodifikasi berbagai menu. Kacang panjang, kangkung bisa diurap, ditumis, dikukus dan ditemani sambal terasi dan sambel pecel yang pasti semua suka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan